Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keuntungan Rahasia Investasi Saham

Saham merupakan salah satu instrumen yang sering diinvestasikan di pasar finansial. Konsepnya sederhana, yaitu transaksi jual beli saham. Apabila saham sedang mahal dapat dijual dan dibeli ketika harganya turun. Meskipun terdengar sederhana, faktanya, investasi saham juga memiliki risiko kerugian yang tinggi. 

Tetapi dengan kerugian tinggi tersebut, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah. Apa saja keuntungan investasi saham? Berikut ini ulasannya.

Keuntungan Rahasia Investasi Saham

1# Diversifikasi Portofolio

Berdasarkan Good Financial Cents, salah satu keuntungan dari investasi saham adalah mampu memberikan keuntungan diversifikasi portofolio. Diversifikasi investasi sangat penting untuk mengatasi dan meminimalisir kerugian yang bisa terjadi. Hal ini akan sangat membantu ketika Anda membeli banyak saham di perusahaan yang berbeda. 

Alokasi aset akan lebih optimal dan dapat diversifikasi. Intinya, keuntungan yang satu ini membantu mengatasi risiko investasi sehingga peluang mendapatkan keuntungan dalam investasi saham semakin besar.

2# Aset Masa Depan

Ini adalah alasan banyak orang untuk melakukan investasi saham berjangka panjang, karena pada dasarnya, saham memiliki harga yang terus naik. 

Walaupun harga saham sebenarnya bersifat fluktuatif atau bergerak secara cepat, tetapi semakin lama berinvestasi saham, maka keuntungannya akan lebih besar. Apabila terjadi penurunan harga saham, biasanya tidak akan signifikan.

3# Capital Gain dan Dividen

Pada umumnya, ada dua langkah untuk mendapatkan keuntungan ketika bermain saham, yaitu Capital Gain dan Dividen. Capital Gain adalah keuntungan penjualan saham dengan harga lebih mahal daripada harga beli, sedangkan Dividen adalah keuntungan berupa uang tunai yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda memiliki saham pada priode tertentu sebagai bagian dari pemilik perusahaan tersebut. 

Biasanya, Capital Gain adalah “permainan” yang lebih banyak dimainkan oleh para investor saham. Kedua keuntungan ini hanya ada di investasi saham, tidak ada di emas dan lainnya.

4# Akses Mudah

Beberapa tahun lalu, mungkin investasi saham masih terbilang berisiko dan sulit dimainkan. Tetapi di tahun-tahun terakhir berkat kemajuan teknologi, semua orang sudah bisa berinvestasi dengan mudah di smartphone masing-masing. 

Ada banyak aplikasi terpercaya yang bisa dijadikan tempat berinvestasi dengan deposit yang rendah dengan program-program yang memudahkan. Salah satu kemudahan yang cukup terasa di zaman sekarang adalah kemampuan analisis seseorang meningkat karena dukungan teknologi serta Bursa Efek Indonesia yang bisa memberikan informasi akurat, bahkan tanpa harus menjadi investor.

5# Likuiditas Tinggi

Likuiditas tinggi selalu berkaitan dengan kemudahan dalam membeli atau menjual produk yang ada di bursa saham. Penyebabnya karena sekarang ini, perusahaan berperan penting dalam perdagangan saham ke banyak bursa di Indonesia sehingga likuiditasnya akan tinggi sehingga mempermudah investor melakukan transaksi saham. 

Selain itu, dengan transaksi padat dan keuntungan tinggi, investor dapat kembali modal dengan cepat.


Posting Komentar untuk " 5 Keuntungan Rahasia Investasi Saham "