Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Komunitas Bisnis Bagi Pemula

Komunitas adalah kelompok yang berisi orang-orang yang memiliki ketertarikan sama. Komunitas tertentu akan membuat orang-orang yang berada di dalamnya merasa didukung karena minatnya sama. Di era digital seperti saat ini, ada banyak sekali peluang yang bisa mendatangkan cuan termasuk di dunia bisnis digital. 

Pentingnya Komunitas Bisnis Bagi Pemula
Diskusi, Sumberr: pixabay.com

Mereka yang memiliki minat sama akan berkumpul dan berdiskusi tentang ilmu seputar bisnis, marketing, dan semua hal yang berkaitan. Berbagai kalangan bisa berkumpul dengan latar belakang yang berbeda tetapi memiliki minat yang sama. mengapa komunitas bisnis itu penting?

Berikut ini 5 manfaat bergabung dan memiliki komunitas untuk bisnis :

1. Memiliki Dukungan dari Sesama Anggota

Salah satu manfaat bergabung dan mengikuti komunitas bisnis yaitu mendapatkan dukungan dari sesama anggota. Saat menjalankan bisnis, bukan tidak mungkin ada kalangan naik dan bisa saja suatu waktu turun. 

Namun, karena memiliki visi dan misi yang sama, para anggota akan saling mendukung dan mengerti bagaimana perjuangan seorang pebisnis. Dengan memiliki relasi antar sesama pebisnis, antar anggota tentu bisa bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.

2. Mendapatkan Feedback yang Baik

Ini yang mungkin tidak bisa didapatkan dari selain komunitas. Komunitas bisnis merupakan tempat untuk mendapatkan feedback atau masukan tentang bisnis yang sedang dijalankan. Dengan adanya perspektif yang berbeda dari orang lain, maka masukan bisa didapat mengenai promosi, branding, penentuan harga hingga cara melihat peluang yang baru. 

Bukan tidak mungkin inovasi baru tersebut akan mendatangkan pembeli baru atau bisa membuat pelanggan semakin loyal. Persaingan tentu juga akan semakin kompetitif karena saling berlomba untuk memberikan yang terbaik. Di sisi lain, jika ada ahli yang bersedia untuk berbagi ilmunya, bukan tidak mungkin ini akan memberikan dampak besar bagi perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

3. Sumber Daya

Bisnis yang dijalankan akan lebih mudah karena komunitas bisnis mempunyai semua jenis sumber daya. Sebagai contoh, ada teman yang sedang membutuhkan bahan baku dengan harga yang bersahabat, sebut saja bahan baku kain untuk membuat dress. Karena bergabung dengan komunitas bisnis, tentu Anda memiliki relasi yang bisa merekomendasikan hal ini. 

Tentu Anda tidak perlu khawatir dan bisa merekomendasikan bahan baku tersebut kepada orang yang tadi mencarinya. Contoh lainnya yaitu, bisnis penjualan kopi Anda sedang sepi pembeli padahal sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan. 

Melihat kondisi ini, Anda mencoba untuk berdiskusi dengan mentor atau anggota komunitas bisnis yang lain. Setelah dicari tahu apa penyebabnya, bisa saja karena kata-kata promosi yang digunakan kurang menarik. Atau bisa juga karena kualitas produk yang dijual sedang turun.

4. Akuntabilitas

Manfaat lain mengikuti komunitas bisnis yaitu adanya akuntabilitas. Ini merupakan sebuah pertanggungjawaban dimana sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis. Jika tidak ada akuntabilitas dalam menjalankan bisnis, maka untuk menyelesaikan segala sesuatunya tentu akan terasa sulit. Alasannya karena pebisnis tidak perlu memberikan laporan kecuali kepada dirinya sendiri. 

Perkembangan usaha akan terhambat jika kebiasan menunda terus dipupuk dan tidak dihentikan. Maka, jika bergabung dengan komunitas bisnis, manfaat ini bisa diperoleh karena mendapatkan dorongan dari sesama anggota untuk menyelesaikan masalah. 

Dengan adanya akuntabilitas maka sebagai pebisnis akan terdorong untuk mengembangkan rasa tanggung jawab. Karyawan tentu akan mencontoh sikap tanggung jawab tersebut dan seolah memiliki usaha yang sedang dijalankan.

5. Pertumbuhan

Manfaat lain dari dengan bergabung komunitas bisnis adalah pertumbuhan. Hal yang mungkin tidak bisa didapat jika tidak bergabung dengan komunitas bisnis. Jika menjadi anggota ini, Anda akan dibantu untuk naik level. 

Sehingga, tidak hanya wawasan yang didapat melainkan juga pengembangan diri, mindset yang terbuka dan fokus pada keberhasilan yang ingin diraih. Komunitas bisnis juga merupakan wadah yang tepat untuk menaiki tangga kesuksesan di dunia bisnis karena semakin hari usaha Anda tentu akan semakin berkembang.

Itulah 5 manfaat mengikuti dan bergabung dengan komunitas bisnis, semoga bermanfaat. 

Advertisements