Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Cocok Dalam Waktu Genting

Investasi Jangka PendekPada musim pandemi, masyarakat sadar berinvestasi sangat penting dengan syarat rasio pengembalian uang harus cepat. Untuk itu strategi investasi jangka pendek cocok untuk digunakan pada musim seperti ini.

Sayangnya Trends berinvestasi membuat mereka berbondong-bondong untuk melakukan secepatnya, tanpa di dasari sebuah pengetahuan, al hasil sedikit dari mereka tersesat dalam obsesi mendadak kaya.

Nah untuk anda yang terarik dalam invesatasi jangka pendek, berikuat merupakan tips jenisnya agar anda tidak kebingungan lagi.

Investasi jangka pendek
Kunci sukses sumber:pixabay.com

Investasi Jangka Pendek Itu  Apa Sih?

Investasi jangka pendek merupakan sebuah strategi investasi yang pemanenan dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun. Jenis investasi seperti ini cocok untuk anda yang telah memprediksikan bahwa uang yang anda tabungkan akan digunakan dalam waktu dekat. Contoh kecilnya untuk pernikahan, membeli mobil dan lainya.

Sebelum melakukan investasi, anda harus menentukan sebuah goal waktu anda atau uang anda ingin digunakan kapan? agar bentuk strategi yang digunakan sesuai kebutuh anda.

Bagaimana Cara Investasi Jangka Pendek?

Ketika anda duduk depan rumah dan melihat tetangga yang memiliki mobil, lalu anda ingin membeli mobil juga dalam waktu cepat, sayangnya uang anda yang ditabungkan ke bank tidak pernah bertambah karena suku bunga 0,01% terlalu kecil.

Untuk memenuhi impian anda, investasi jangka pendok cocok sebagai jalan keluarnya. Namun keuntungan akan lebih kecil dari pada investasi jangka panjang. Melakukan investasi jangka pendek anda akan dibatasi beberapa jenis investasi yang berisiko seperti saham dan lainya.

Kabar baiknya investasi jangka pendek lebih sedikit resiko kerugianya dari pada investasi jangka panjang dan di investasi jangka pendek anda dapat mengambil uang kapan saja, sesuai kebutuhan anda.

Berikut bentuk investasi jangka pendek terbaik:

  • P2P Lending
  • Obligasi Jangka Pendek
  • Sertifikat Deposito
  • Tabungan Online
  • Obligasi Daerah
  • Pasar Uang

2 Jenis Investasi Jangka Pendek Terbaik.

P2P Lending

Selain jangka waktu yang lebih singkat, P2P ini berpotensi mendapatkan keuntungan lebih besar. Pemiliki modal akan berinvestasi terhadap individu maupun perusahaan dalam bentuk sebuah pinjaman.

Opsi pertama untuk memilih investasi jangka pendek adalah P2P ini, jenis ini cangat cocok dengan strategi investasi jangka pendek, yang biasanya pada jenis ini akan memberikan pinjaman dalam kurun waktu tiga sampai lima tahun. 

Keuntungan yang diberikan bukan tanpa sebab, ternyata ada resiko efek default (gagal bayar) yang harus di tanggung oleh para investor. Namun resiko ini  dapat di minimalisir dengan cara keragaman, anda dapat menyemecah modal anda ke beberapa peminjam untuk meminimalisir itu semua. Jika anda tertarik Platform cocok untuk bermain P2P Lending adalah Amartha, yang sudah terkenal dikalangan investor. 

Pasar Uang

Berinvestasi di pasar uang cocok untuk pemula sebagai pembelajaran menuju investasi yang besar. Pasar uang merupakan nama lain dari simpanan sebuah bank,  Yang dimaksud pasar uang ini merupakan sebuah produk keuangan dengan likuiditas yang cukup tinggi dan bisa dicairkan dalam kurun waktu 1 tahun.

Dengan resiko sangat rendah, jenis investasi seperti ini sangat di anjurkan untuk pemula. Meskipun begitu investasi pasar uang memiliki banyak kelebihan terutama dengan deposito seperti fleksibilitas pencairan. Modal untuk berinvestasi cenderung sangat rendah, hasilnya pun tidak kalah tinggi dengan deposito, fleksibilitas pencairan tanpa ada pelanggaran dan juga fleksibel dalam waktu berinvestasi. 

Kesimpulan penulis.

Jenis investasi begitu banyak, yang paling terpenting gunakanlah uang (modal) dingin, yang dalam artian tidak di pergunakan dalam jangka waktu pendek. Sering kami temuai seseorang yang gagal untuk berinvestasi karena terburu buru sehingga tidak bisa memutar uangnya sendiri.

Advertisements