Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak sehat

Lingkungan Bersih dan Sehat merupakan fondasi awal untuk hidup lebih baik, lingkungan bersih mencetak insan yang sehat, insan yang sehat lebih siap untuk menjalankan hidup. Banyak yang sadar tentang lingkungan bersih, namun masih sedikit tindakan untuk menyadarinya. 

Lingkungan yang bersih, virus dan bakteri penyakit sulit untuk hidup bebas, sehingga anda akan terhindar dari banyak penyakit. Bukan hanya dari segi kesehatan, namun dari segi psikolog atau kejiwaan, kebersiah dapat menyimpulkan kepribadian seseorang. Orang yang tidak suka bersih, secara tidak langsung mencerminkan bahwa dia orang malas, ya malas bersih-bersih dan malas untuk berkembang menuju kebaikan.

Lingkungan Bersih dan Sehat
Lingkungan Bersih dan Sehat 

Karna lebih baik mencegah dari pada mengobati. Membentuk lingkungan sehat akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kita dan orang tersayang kita.

Yakin Lingkungan anda Bersih dan Sehat? Yuk kenali ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat.

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak sehat

Rumah merupakan tempat pertama yang harus kita lihat tingkat kesehatanya. Karena rumah tempat yang sering kita tempati. Apalagi para ibu-ibu rumah tangga yang fokus untuk mengurus rumah dan isinya atau masyarakat pada umumnya harus mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat sebagai tolak ukur kesehatan lingkunganya.

Tersedianya Air Bersih

Lingkungan sehat dapat memberikan air bersih. Jika di daerah anda masih banyak tersedia air bersih, seperti sumur yang jernih atau mata air lainya. Maka lingkungan anda termasuk dalam lingkungan sehat. 

Lingkungan yang kotor dan tidak terawat kebersihanya, pasti akan kesulitan dengan air bersih. Air yang dihasilkan oleh lingkungan kotor akan keruh dan kotor atau sampai bau airnya menjadi anyir, sehingga menjadi sarang bakteri, virus dan penyakit.

 Memiliki Udara yang Segar

Udara salah satu nikmat terbesar yang patut manusia syukuri. Udara segar akan menyediakan banyak sekali oksigen untuk manusia. Udara segar hanya ada di lingkungan bersih, tidak tercemar oleh polusi yang berlebihan. Udara kotor akan mendatangkan penyakit, membuat sesak nafas, sehingga mendatangkan penyakit.

Lingkungan Bersih dan Sehat

Banyak Hijau-hijauan

Sebelum membangun atau membeli rumah, alangkah baiknya anda melihat lingkungan di sekitarnya, apa masih banyak pepohonan?. Hijau-hijauan atau pepohonan sangat penting untuk manusia, pohon menyerap karbon dioksidan dan mengeluarkan oksigen yang penting untuk tubuh. Semakin banyak pepohonan yang ada di sekitar kita, maka lingkungan tersebut masuk dalam kategori lingkungan sehat.

 Sampah Terkelola dengan Baik

Yes, sampah merupakan musuh kita semua. Banyak sekali manusia yang masih belum sadar akan bahayanya buang sampah sembarangan. Sungai merupakan lokasi yang umum untuk menjadi kambing hitamnya, pembuangan sampah sembarangan di sungai menjadikan bencana untuk manusia. 

Sampah yang tidak terkelola dengan baik, akan menjadi sarang virus dan bakteri. Jika di lingkungan anda sampah masih tidak terkelola dengan baik, cepat bergerak sebelum terlambat.

Saluran Air Lancar

Selain tersedianya air bersih, lingkungan sehat pasti memiliki saluran air yang tertata rapi. Jika saluran air di lingkungan anda masih buruk, cepat laporkan ke petugas yang bersangkutan, atau anda bisa gotong royong untuk membenahi saluran air tersebut. 

Saluran air yang buruk pastinya akan banyak genangan air, dari genangan air yang tidak dibersihkan lama akan muncul bakteri dan virus yang membawa penyakit. Bau yang di hasilkanpun tidak enak.

-------------------------------

Namun jangan berkecil hati jika lingkungan anda masih jauh dari ciri-ciri diatas, banyak kesempatan untuk anda memulai itu semua. Tidak akan berubah menjadi bersih sebuah lingkungan jika bukan masyarakat sendiri yang merubahnya. Perbanyak tempat sampah, dan rutinlah melakukan bersih-bersih sistem gotong royong, agar bukan hanya kita yang menjaga keberishan namun menjaga kebersihan bersama-sama. 

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email