Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pacaran Beda Suku? Berikut Tantangan dan Saran.

Pacaran beda suku masih menjadi hal yang cuku tabu di kalangan masyarakat umum. Permasalahan hubungan entah itu pacaran, teman, sahabat dan lainya karena berbeda, sikap toleransi antar perbedaan cukup sulit di terima.

Apalagi perbedaan tersebut masalah agama, pasti sulit. Namun perbedaan karena suku, masih banyak solusi yang bisa di tempuh. Mungkin akan banyak tantangan didepanya, karena perbedaan tradisi khas suku tersebut.

Untuk itu sikap toleransi harus diajarkan sejak dini. Melihat bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak suku dan agama. Pastinya sebagai warga negara kita akan sering menjalin sebuah hubungan dengan seseorang yang berbeda dari kita. Back to Topic.

Tenang, pasti akan ada solusinya. Jika anda mengalami hal punya pacar atau orang yang anda sukai beda suku anda. 

Pacaranan beda agama? why not? Dibawah ini tantangan dan solusi untuk pacaran beda suku.

Pacaran Beda Suku
Pacaran Beda Suku


Tantangan Pacaran Beda Suku dan Saran Mengatasinya.

1# Mendapatkan komentar negatif.

Haters sebuah julukan untuk yang oknum penebar kebencian. Aslinya bukan hanya pacaran, orang diam pun akan di kritik oleh oknum oknum ini. 

Menjalin sebuah hubungan cinta berbeda suku akan mendapatkan porsi lebih komentar negatif, nyinyiran dan lainya. Bahkan lebih banyak komentar negatif dari pada positif jika berada suku yang menganut tradisi dilarang menjalin hubungan beda suku. 

Statistik menunjukkan kalau kebanyakan orang tidak ambil pusing dengan opini orang lain. Namun bagaimana jika komentar miring ini terus diungkit oleh teman dekat dan keluarga sendiri?

Hal yang paling gampang adalah tidak menghiraukan semua komentar negatis tersebut. Namun orang terdekat kita seperti teman lebih lebih keluarga terus mengungkitnya.

Saran mengatasi tantangan ini:

Jangan emosi, merupakan hal pertama yang harus anda lakukan. Karna permasalahan akan semakin rumit jika diselesaikan dengan keadaan emosi. 

Untuk melancarkan hubungan anda harus menggunakan strategi. Tetap jaga etika, semua orang berhak berpendapat dan juga layak didengar.

Silahkan tampung semua komentar atau kritik dari mereka, apa yang dipermasalahkan. Apa pendapat, sikap khawatir atau cuma nyinyiran belaka. Setelah itu berikan penjelasan kepada si komentator agar dia bisa berhenti.

Butuh keberanian untuk mengatakan, mungkin yang bekomentar orang yang lebih tua dari kita, kumpulkan niat dan segerakan. 

Pacaran Beda Suku
Berpendapat

2# Perbedaan pendapat saat acara penting karena beda tradisi.

Tujuan dari menjalin pacaran untuk saling mengenal dan menuju jenjang yang lebih serius. Jika sudah berada fase serius, pembicaraan untuk kedepanya sudah mulai disusun seperti acara tunangan, resepsi pernikahan dan lainya. 

Ada yang berpendapat bahwa hal ini sepele namun banyak kasus cukup sulit untuk menyelesaikan, dikarenakan menyangkut keluarga besar dari kedua belah pihak, butuh strategi dan pendekatan mengatasinya.

Saran mengatasi tantangan ini:

Sebelum menuju ke pada kedua keluarga, kedua pasangan harus menyatukan presfektif, karena akan semakin sulit jika pasangan sudah berbeda presfektif melanjutkan.

Saling memahami tradisi (yang bersifat sakral) dari kedua pasangan baru kedua keluarga besar. Agar tidak ada rasa paling besar berkorban disini.

Agar tidak semakin sulit, yang paling di utamakan adalah kepentingan dari keluarga dekat seperti orang tua dan tatua dalam keluarga. Jika dirasa salah satu kebijakan tidak memuaskan semua pihak.

-------------------------

Paling penting dari paling penting, kedua pasangan harus bisa menjelaskan kepada kedua orang tua sehingga diberikan restu. Karna melihat banyak sekali pasangan yang rela demi cinta hingga meninggalkan orang tua. 

Para orang tua pasti memikirkan sesuatu yang terbaik untuk sang anak, untuk itu berilah penjelasan sebaik-baiknya dan sesopanya. Niat yang baik dan tujuan yang baik pasti memiliki jalan.

Advertisements