Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Menu MPASI bayi yang Tepat Mulai Usia 6 Bulan

MPASI merupakan makanan pendamping ASI atau Air Susu Ibu. Pada umumnya, bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping tersebut ketika sudah berusia 6 bulan. Usia tersebut pencernaan bayi sudah kuat, sehingga sudah siap untuk menerima makanan lain yang diberikan untuk menunjang pertumbuhannya. 

Sehingga mengingat hal tersebut, apabila bayi sudah siap menerima MPASI sebelum 6 bulan maka orangtua juga bisa langsung memberikannya. Karena bayi yang sudah siap menerima MPASI akan merasa lapar dan kurang apabila hanya diberikan ASI. Hal tersebut tidak mengherankan kalau ada bayi yang sudah diberikan MPASI saat usianya baru 4 bulan.

Menu mpasi 6 bulan
Menu MPASI bayi 6 bulan

Akan tetapi pemberian MPASI bayi memang saat memasuki usia 6 bulan. Pada usia ini pencernaan bayi dirasa sudah kuat dan juga menunjukkan tanda-tanda lainnya bahwa bayi siap menerima MPASI. 

Seperti sudah tertarik dengan makanan, merasa lapar dan tidak kenyang hanya diberikan ASI yang membuat bayi rewel, sudah bisa membuka mulut, mengunyah dan tidak memuntahkan makanan, dan juga tanda lainnya. Oleh karena itulah saat memasuki usia 6 bulan, orangtua bisa memberikan menu MPASI 6 bulan yang cocok untuk bayi.

Menu MPASI sendiri bisa disesuaikan dengan usia bayi tersebut. Selain menyusui bayi, menu MPASI mulai dari usia 6 bulan hingga 12 bulan yang bisa diberikan adalah:

  1. MPASI untuk bayi 6-7 bulan adalah sayur, buah, dan nasi yang sudah dihaluskan.
  2. MPASI untuk bayi 8-9 bulan bisa memberikan sayuran yang dimasak lunak.
  3. MPASI untuk bayi 12 bulan ke atas bisa diberikan buah, sayur, roti, yogurt, dan bahan sehat lainnya.

Dengan diberikan MPASI, bayi juga akan mengalami beberapa perubahan yang dirasakan. Terutama ketika BAB yang juga semakin banyak. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kulit bayi bisa bermasalah. 

Oleh karena itulah ibu juga perlu menggunakan popok yang tepat dengan daya serap yang baik dan bisa mencegah ruam. Ibu bisa memilih popok dari Merries yang dapat melindungi kulit bayi agar tidak terjadi ruam yang akan membuat bayi tidak nyaman.

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email