Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Kulit Yang Wajib Kamu Kenali Sebelum Memilih Produk Perawatan

Produk perawatan kulit sekarang banyak sekali bermunculan, mulai produk yang mahal sampai produk murah. Semakin banyak produk semakin banyak pula jenis produk tersebut. Produk perawatan kulit diformulasikan berdasarkan jenis kulit

jenis kulit
Jenis-jenis kulit

Agar lebih mudah dan tidak salah dalam memilihproduk perawatan kulit, anda harus mengetahui jenis dari kulit anda sendiri. Berikut ulasan tentang jenis kulit :

1# Kulit Normal

Jenis kulit pertama merupakan impian banyak insan. Karna kulit normal memiliki kelembapan dan kekenyalan yang cukup. Minyak yang diproduksi tidak berlebihan sehingga membuat kulit tak terlihat terlalu mengkilap.

Kulit normal mempunyai kadar minyak yang merata sehingga dapat membantu kelembapan kulit. Ukuran pori-pori kulit normal tak terlalu besar dan tampilanya juga tidak kusam. 

2# Kulit Berminyak

Banyak keluhan mengenai kulit berminyak. Untuk itu pengetahuan dalam jenis kulit berminyak sangat penting agar pemilihan produk perawatan lebih gampang. 

Jenis kulit seperti ini identik dengan kulit yang mengkilap dan licin dikarenakan produksi minyak berlebihan. Minyak tersebut di hasilkan oleh kelenjar minyak yang berada di bawah permukaan kulit.

Pada dasarnya minyak pada kulit berfungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit, namun ketika produksi minyak terlalu berlebihan membuat tampilan kulit tidak bagus dan rentan munculnya jerawat. 

Produksi minyak yang berlebihan diakibatkan banyak faktor seperti genetik, stress dan perubahan hormon.

3# Kulit kering

Beda dengan kulit berminyak. Kulit kering diakibatkan terlalu rendah produksi minyak. Rendahnya produksi minyak menurunkan tingkat kelembapan lapisan kulit luar. Akibatnya kulit kering mudah pecah-pecah, terkadang mencul keretakan pada permukaan kulit. 

Kulit kering memiliki pori-pori kecil hampir tidak terlihat, permukaan kulit luar akan terlihat kusam, kasar dan kurang elastis. Kulit kering rentan akan gatal, mudah memerah, meradang dan bersisik.

Perawatan kulit kering harus diperhatikan, silahkan gunakan produk pembersi wajah yang mampu melembabkan kulit. Hindari produk yang mendandung alkohol dan pewangi

Hindari pula terlalu lama mandi dan cuci muka menggunakan air hangat. Dan bisa menggunakan pelembab kulit. 

4# Kulit sensitif

Cukup merepotkan memiliki jenis kulit sensitif. Jenis kulit ini rentan akan iritasi, alergi dan ruam. Karna sebagai bentuk reaksi tertentu, seperti makanan dan penggunaan kosmetik. Kulit sensitif rentan gatal, terkelupas, kering terasa perih dan kemerahan. Diakibatkan faktor lain yang memicunya.

Mengetahui pemicu kulit alergi menjadi hal utama untuk mengatasinya. Gunakan produk perawatan yang lembut. Hindari menggosok terlalu kencang disaat cuci muka. 

5# Kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi merupakan perpaduan kulit kering dan berminyak. Jenis kulit ini mempunyai kulit berminyak pada zona T, yaitu hiduing, dagu, dahi serta kulit kering di daerah pipi. Faktor genetik dan hormon menjadi sebab terbesar terjadinya jenis kulit ini.

jenis kulit
Pola hidup sehat

Yang terpenting gunakan produk perawatan yang cocok dengan kulit anda. Selalu gunakan tabir surya ketika keluar ruangan agar terhindar dari bahaya sinar ultraviolet. Bersihkan wajah dari make up ketika sebelum tidur.

Cara perawatan kulit di atas sebaiknya juga disertai dengan pola hidup sehat, dengan cara konsumsi makanan bernutrisi, banyak minum air putih, batasi konsumsi alkohol, dan berhenti merokok.

Selain perawatan kulit pola hidup sehat juga diterapkan. Sering makan makanan yang bernutrisi dan perbanyak minum air putih.

Jangan gunakan asal produk perawatan kulit agar tidak terjadi sesuatu nantinya. Solusi terkhir untuk anda yang masih tidak yakin pada jenis kulit diri sendiri dan cara merawatnya, silahkan konsultasi dengan dokter spesiali kulit. 

Advertisements

Berlangganan via Email