Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fungsi Control Panel Hosting

Fungsi control panel hosting - Sebelum mengenal fungsi dari control panel, anda harus mengetahui apa itu hosting. Hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan sebuah data dari halaman web atau aplikasi, bertujuan agar bisa diakses melalui internet. Hosting menjadi komponen terpenting dari sebuah web atau aplikasi online, untuk itu para pembuat web dan aplikasi mencari penyedia hosting yang top. Tenang, sudah banyak bermunculan penyedia hosting indonesia yang anti lelet dan jarang error.

Fungsi Control Panel Hosting
Fungsi Control Panel Hosting

Apa Control Panel Hosting itu?

Control panel hosting merupakan sebuah software yang dibuat dan disediakan oleh penyedia hosting, digunakan untuk mangatur, mengoprasikan, menalankan, dan pengelolaan segala fitur yang ada di hosting. 

Jika dianalogikakan, bahwa control panel hosting ini sebagai alat pengatur, pengendali segala fasilitas yang disediakan oleh penyedia hosting, seperti domian, hosting dan lainya. Terkadang ada penyedia hosting murah, memberikan promo berupa domain gratis ketika membeli produk mereka.

Setiap control panel hosting memiliki desain tersendiri. Berbeda soal desain, namun tidak berbeda dengan fitur didalamnya. 

Di Indonesia sendiri cPanel masih menjadi anak emas bagi para pembuat web. Apapun hosting yang mereka beli, kebanyakan menggunakan cPanel sebagai control panel hosting mereka. Memang pengunaan dari cPanel sangat gampang, semua pengaturan diletakkan didalam satu halaman, pengguna tinggal pilih.

Fungsi Control Panel Hosting

Selain yang disebutkan diatas, ada beberapa fungsi control panel yang perlu diketahui, diantaranya:

1.Transfer nama domain.

Control panel bukan hanya untuk mengatur hosting saja, control panel hosting bisa melakukan pemindahan domain dari satu layanan ke layanan yang lain (pasti pemain web memiliki alasan tersendiri). Selain itu control panel hosting juga memproses pemindahan kepemilikan nama suatu domain. 

2.Instal Aplikasi.

Control panel hosting juga bisa digunakan untuk meng-instal dan juga meng-unstal software windows dan fitur fitur lainya. 

3.Cek stastistik pengunjung website.

Dengan control panel hosting salah satu fungsinya bisa memonitor trafik web. Jadi untuk anda pengerajin blog, tidak perlu menginstal sebuah software atau plugin yang bisa memberatkan hosting yang anda beli. Dan kemudahan dalam melihat statistik visitor website.

4.Pengelolaan email

Bukan hanya berkaitan dengan hosting, namun control panel hosting berfungsi sebagai penambah akun email, akses webmail, dan kofigurasi email klien.

5.Back-up data

Data yang sudah disimpan didalam hosting harus dijaga agar tidak terkena kejahatan cyber. Control panel hosting disini sebagai pengaturan database dan juga pengaturan keamanan sistem.

6.Monitor dan Mengatur Performa server

Yang terakhir fungsi utama dari Control panel hosting merupakan monitor dan mengatur performa server. Seperti untuk mengontrol status jaringan internet, penetapan prefensi untuk berbagi file dan banyak lagi.

Fungsi Control Panel Hosting
Fungsi Control Panel Hosting

Aspek Penting Control Panel Hosting

Bukan hanya memilih hosting yang perlu ketelitian, memilih control panel hosting juga harus teliti. Agar yang dibutuhkan yang dimiliki terpenuhi semua.

  • Mudah Dioperasikan
  • Sesuai dengan Sistem Operasi Hosting
  • Layanan Support Yang Mendukung
  • Dukungan Software dengan Control Panle Hosting
  • Harga Terjangkau
  • Dukungan Keamanan

Control Panel Hosting Populer

Mungkin jika kita bahas tentang Control Panel pasti akan tertuju ke cPanel. Memang dapat dimaklumi, bahwasanya banyak sekali pengguna control panel ini, terutama di Indonesia. Asal anda tahu masih ada contorl panel yang populer lainya, seperti dibawah ini:

  • Plesk
  • Direct Admin
  • Webmin
  • ISPmanager

Keempat contol panel hosting diatas, memiliki keunggulan tersendiri. Kembali lagi kepada kebutuhan si pengguna. 

Sebenarnya penyedia hosting semuanya memberikan kata kata manis dalam mempromosikan produknya, dengan menyantumkan harga murah, kapasitas besar dan cepat. Namun pengguna harus mencari sendiri kualitas dari si penyedia hosting. 

Advertisements

Berlangganan via Email