Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukan Kartu ATM BRI Yang Pas, Menghindari Penipuan

ROQIBUS.COM, Cara memasukan kartu atm bri - Pengalaman pertama membuat tabungan di bank BRI menjadi kesan tertentu. Setiap pembuakaan rekening, nasabah akan diberikan buku tabungan beserta ATM. Banyak kasus pada nasabar pemula, rasa takut untuk memasukkan kartu ATM kedalam mesin. Jadikan pengalaman pertama menjadi guru terbaik dalam hidup. Sebelum memasukkan kartu ATM kedalam yang pertama kalinya, alangka baiknya jika nasabah melihat cara memasukkan kartu ATM BRI yang benar.

cara memasukan kartu atm bri
cara memasukan kartu atm bri

Apa itu kartu ATM?

ATM kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri. Dalam bahasa inggris Automatic Teller Machine. Merupakan sebuah alat pembayaran berbentuk sebuah kartu yang diluncurkan oleh pihak bank sebagai alat transaksi seperti cek saldo, penarikan, transfer dan transaksi lainya.

Bank BRI meluncurkan banyak sekali jenis tabungan dengan fitur yang berbeda-beda. Beda tabungan, beda fitur, beda pula warna dan design ATM. ATM BRI warna hijau termasuk dalam tabungan BRItama yang sudah terintregasi dengan MasterCard. Baru baru ini BRI sudah bekerjasama dengan GPN yang menggantikan MasterCard sebagai rekan bisnisnya, warna dan desain ATMnya beda.

Beda tabungan juga menentukan limit setiap transaksi. Seperti pada tabungan BRItama hijau, bisa transfer uang hanya Rp50.000.000 sesama BRI setiap harinya. Peraturan ini berbeda pada jenis tabungan yang lainya.

Pesiapan sebelum Memasukan kartu ATM

Jika berkaitan dengan ATM, nasabah harus berhati hati. Karna banyak sekali penipuan yang merajalela di sekitar kita. Pencurian tersebut bukan hanya salah dari pihak bank sendiri, namun nasabah harus lebih hati-hari, karna kejahatan bukan karna niat pelaku, namun karna ada kesempatan.

Bertransaksi menggunakan ATM sangat mudah, hingga nasabah terbawa hingga mencapai titik lalai. Ada tata cara yang harus dilakukan nasabah sebelum memasukkan kartu ATM pada mesin. Agar data yang tersimpan tidak bocor atau di curi dan resiko lainya.

  1. Harap cek terlebih dahulu ATM, apakah aktif atau tidak. Biasanya ATM yang tidak aktif (terblokir) ketika dimasukkan ke mesin ATM akan otomatis tertelan.
  2. Cari lah mesin ATM BRI, banyak sekali mesin ATM BRI yang tersebar disekitar kita. Nasabah juga bisa tarik uang pada mesin ATM yang ada logo LINK. Karna BRI sudah terintregitas kedalam LINK.
  3. Pastikan memasukkan kartu pada lobang yang tepat. Biasanya lobang kartu ATM berada pada sisi kanan. Namun mesin ATM ada 2 jenis tarik tunai dan setor tunai. Mesin tarik tunai lobang kartu ada sebelah kanan. Sedangkan setor tunai biasanya berada disampin kanan dan tak jarang berada di bagian tengah. Lihat juga pada lobang masuk ATM, ada yang mencurigakan atau tidak, jika ada harap cari mesin ATM yang lain, karna banyak sekali kasus pencurian dengan kedok mesin ATM error.
  4. Tidak di perbolehkan kartu ATM dilapisi apa saja, entah itu kertas atau yang lain pada saat memasukkan ke mesin. Nasabah juga dilarang melapisi kartu ATM dengan apa saja, seperti laminating atau yang lain.

Cara Memasukan Kartu ATM BRI

  1. Posisi kartu harus pas ketika dimasukkan dalam mesin. 
    • Warna biru yang bertulis debit BRI atau gambar satelit berada diatas. 
    • Warna hitam vertikal berada dibawah. 
    • Chip di letakkan didepan ketika sedang memasukkan. 
  2. Masukkan bagian depan kartu ATM (ada chip) dorong sedikit, maka mesin ATM akan otomatis menelan kertu ATM.
  3. Jangan di tahan ketika mesin menelan kartu ATM.
  4. Setelah ditelan mesin akan memproses kartu ATM anda. 
    • Pilih bahasa
    • Masukkan pin
    • Pilih transaksi apa yang akan dilakukan
  5. Jika transaksi telah selesai. Maka otomatis mesin akan memberi pertanyaan, apakah ada transaksi lain atau tidak, pilih tidak, tunggu hingga kartu keluar sendiri.
cara memasukan kartu atm bri
Posisi kartu ATM harus pas

Bagaimana jika salah memasukan kartu ATM BRI

Mesin ATM telah di rancang sedemikan rupa, agar pelanggan nyaman dan aman dalam setiap transaksi. Ketika nasabah salah posisi ketika memasukkan kartu ATM, maka mesin menolak, meskipun nasabah memaksa, mesin akan tetap menolak.

Sama ketika nasabah memasukan ATM BRI ke mesin ATM bank lainya. Mesin akan otomatis menolak dan tidak menelan kartu ATM.

Namun beda ketika mesin sudah pas ( mesin ATM BRI) posisi kartu sudah sesuai. Ketika masukkan kartu tiba tiba tertelah dan dilayar ada peringatan, maka kartu ATM nasabah atau rekening nasabah terblokir.

Jika hal itu terjadi, silahkan pergi ke kantor BRI cabang terdekat, tanyakan kendala yang dialami nasabah. Sama ketika nasabah mendapatkan masalah ATM atau tabungan lainya, direkomendasikan langsung datang ke kantor BRI cabang terdekat.

Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Cara Memasukan Kartu ATM BRI Yang Pas, Menghindari Penipuan"

Advertisements

Berlangganan via Email