Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Alinea Menurut Para Ahli dan Komponen Alinea

Roqibus.com - Menurut Ramlan (2010:23) Pengertian dari alinea adalah bahwa paragraf merupakan bagian yang terdiri dari banyak kalimat yang menjelaskan suatu informasi dengan menggunakan ide pokok sebagai pengandali.

Tidak sedikit para ahli mendefinisikan alinea menurut pengetahuan mereka. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bagian wacana yang mengungkapkan satu pikiran yang lengkap atau satu tema yang dalam ragam tulis ditandai oleh baris pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi yang lebih. 

ali.nea /alinĂ©a/ 

n bagian wacana yang mengungkapkan satu pikiran yang lengkap atau satu tema yang dalam ragam tulis ditandai oleh baris pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi yang lebih; paragraf.

Seorang penulis harus paham tentang alinea. sebuah karya tulis dan lainya, tidak lepas dari alinea. Alinea atau biasanya disebut paragraf mengandung ide pokok, yang biasanya di letakkan diawal, tengah dan diakhir. 

Pengertian Alinea Menurut Para AhliPengertian Alinea Menurut Para Ahli
Pengertian Alinea Menurut Para Ahli

Pengertian Alinea Menurut Para Ahli

Menurut Arifin dan S. Amran Tasai (2006:125)

“Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik”. Kalimat yang berada dalam paragraf menunjukkan sebuah kesatuan pikiran atau memiliki keterkaitan dalam menjelaskan topik atau gagasan.

Menurut Akhaidah dan kawan-kawan (1999:144) 

Paragraf adalah inti penyampaian buah pikir dengan didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, dimulai dari kalimat pengenal, kalimat utama, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Perkumpulan semua kalimat saling berkaitan untuk membentuk suatu gagasan.

Menurut Lamuddin Finoza “2004:149”

Menyebutkan alinea atau paragraf merupakan suatu bentuk bahasa yang menjadi hasil penggabungan beberapa kalimat.

Menurut Gorys Keraf “1979:62”

Menyebutkan bahwa alenia merupakan suatu kesatuan pikiran yang tingkatanya lebih tinggi atau luas dari kalimat. Alenia adalah sebuah himpunan dari beberapa kalimat yang berkaitan dalam suatu rangkaian yang bertujuan membentuk sebuah gagasan.

3 Komponen Alinea

Penerapan alinea dalam karya tulis berbeda-beda, alinea mempunyai berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan karya tulis. Dalam sebuah karya tulis setidaknya ada 3 macam alinea yakni alinea pembuka, isi, dan penutup.

Membuat sebuah karya tulis yang baik setidaknya 3 macam alinea diatas harus terkandung didalamnya, agar pembaca gampang untuk memahami isi dari tulisan. 

Sebelum mempublikasikan karya tulis, penulis harus membaca berulang ulang kali karyanya, agar penulis bisa merevisi tulisanya sebelum di publikasikan ke banyak orang.

1. Alinea Pembuka

Alinea pembuka merupakan bagian wacana yang akan dibaca pertama kali. Penulis harus membuat sebuah alinea pembuka dengan menarik agar pembaca penasaran untuk membaca kelanjutan dari tulisan.

Pembaca harus dibimbing untuk memasukan jalan cerita tulisan. Dalam alinea pembuka penulis harus merangkai sebuah jalan agar pembaca dengan suka rela membaca terus, bisa dibilang alinea pembuka sebagai gerbang untuk memasuki alinea isi.   

Ramuan rahasia alinea pembuka yang bagus menjadikan pedoman untuk pengembangan sebuah karangan menuju tingkat selanjutnya. Oleh karena itu akan tercapai sebuah kepaduan pada karya tulis.

2. Alinea Isi

Alinea isi merupakan bagian yang esensial dalam sebuah karangan. Didalam alinea isi mengandung ide pokok beserta pengembanganya dalam sebuah karya tulis. 

Lebih simpelnya, alinea isi menerangkan dengan cara menguraikan komponen-komponen ide pokok tersebut. Proses menjelaskan harus di susun dengan masuk akal atau logis.

3. Alinea Penutup

Alinea penutup berada di akhir karangan, yang bertujuan untuk menutup suatu karangan. Isi dalam alinea penutup merupakan kebulatan, kesimpulan masalah-masalah yang dikemukakan pada alinea sebelumnya.

Yang perlu diperhatikan lagi, alinea penutup harus benar-benar mengandung kesimpulan untuk mengakhiri uraian karangan .

Karena bertugas untuk mengakhiri suatu wacana, makna alinea penutup yang baik ialah yang tidak terlalu panjang, tetapi juga tidak terlalu pendek. Akan tetapi, alinea penutup harus menimbulkan kesan tersendiri bagi para pembaca.

Bertugas untuk mengakhiri karangan, alinea penutup tidak terlalu panjang, namun tidak terlalu pendek. Akan tetapi alinea penutup harus memberikan kesan tersendiri terhadap pembaca.

Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Pengertian Alinea Menurut Para Ahli dan Komponen Alinea"

Advertisements

Berlangganan via Email