Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Harus Berpikir Positif? Ini 5 Alasanya.

Pikiran negatif membuat seseorang akan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sebagian masalah kehidupan disebabkan oleh pola pikir. Untuk itu belajar berpikir positif agar pandangan, keputusan pada setiap masalah lebih sehat.

mengapa harus berfikit positif
Wanita tersenyu (Sumber gambar: pixabay.com)

Mengapa Harus Berpikir Positif ? Ini 5 Alasanya.

Berpikir positif membuat seseorang lebih bahagia. Terhindar dari was-was akan sesuatu. Bebas sifat negatif yang membuat seseorang menjadi ragu, memberatkan dan menggangu pikiran.

Selain alasan diatas, dibawah ini beberapa alasan betapa pentingnya berpikir positif diantaranya:

1. Membuat diri lebih tenang.

Berpikir negatif membuat kita minder dalam melakukan sesuatu. Selalu ragu dalam melakukan sesuatu. berburuk sangka terhadap sesuat yang masih tidak jelas. Ketaatan terhadap Tuhan menjadi hal terbesar mendorong kita lebih tenang dan terus berpikiran positif.

2. Fokus mencapai sukses.

Pesimitis terhadap tujuan membuat seseorang tidak akan pernah fokus untuk mencapai kesuksesan. Selalu takut untuk melangka dan mencoba ide ide baru. 

Selalu optimis menjadi solusi untuk masalah anda, selalu berpikir positif tentang kerja keras selama ini, meskipun tidak sedikit kemalangan dilalui. Ada hikmah dalam setiap peristiwa.

3. Berpikir positif menjadikan Hidup lebih sehat.

Berpikir positif mengurangi produksi hormon kortisodalam tubuh. Jika hormon tersebut semakin rendah, maka semakin kecil terjadinya depresi, stress dan masalah kesehatan mental lainya. 

Dengan hanya berpikir positif saja anda bisa lebih sehat. Bukan hanya mengatasi stress saja. Berpikir positif juga memiliki manfaat kesehatan lainya, diantaranya:

  • Meningkatkan Sistem imun Tubuh: Didalam tubuh ada hormon oksitosis atau homon cinta. Saat seseorang dalam kedaan bahagian dan optimis hormon akan beredan ke seluruh tubuh. Hal tersebut dapat meningkatkan sitem imun tubuh sehingga lebih kuat dalam menangkal virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit.
  • Memelihara kesehatan jantung: Manfaat dari berpikir positif dapat menciptakan detak jantung lebih normal dan teratur. Sehingga kesehatan jantung lebih terjaga. Pola ini juga dapat dikombinasikan dengan pola makan sehat dan gaya hidup sehat, olah raga rutin dan istirahat yang cukup. Penerapan berpikir positif dan gaya hidup sehat dapat mencegak terbentuknya plak di pembulu darah atau biasanya disebut aterosklerosis, yang menjadi awal mula penyakit jantung.
  • Resiko stroke rendah: University of Michigan melakukan penelitian. Menemukan bahwa orang yang terbiasa menerapkan berpikir positif di kehidupanya lebih tinggi terhindar penyakit stroke.
  • Hidup lebih panjang: jika seseorang menerapkan berpikir positif memiliki harapan hidup 10 tahun lebih lama dari pada seseorang yang sering berpikir negatif. Salah satu faktor penting untuk menjaga kesetabilan kesehatan fisik dan mental. 

4. Lebih percayaan diri.

Kepercayaan diri muncul ketika seseorang percaya akan kemampuan diri sendiri, tidak pesimis dengan kemampuan diri sendiri. Berpikir positif akan menimbulkan kepercaya lebih terhadap diri sendiri.

5. Menjadi pribadi menyenangkan.

Pola pikir akan mempengaruhi perilaku seseorang. Jika membangun berpikir positif maka perilaku akan positif pula. Berpikir positif akan membentuk seseorang agar supaya berprilaku baik juga terhadap orang lain, sehingga lebih menyenangkan.

Cara Berpikir Positif

Menerapkan prilaku berpikir postif susah-susah gampang. berikut beberapa cara menerapkan berpikir positif di kehidupan sehari hari.

  • Selalu bersyukur menyikapi masalah: Bersyukur dalam setiap masalah membuat seseorang semakin entang dalam menghadapi masalah tersebut.
  • Sering tersenyum: Tebarkan senyum ketika bertemu teman dan orang lain. Sehingga beban yang ada terasa ringan
  • Berpikiran terbuka: Berpikir terbuka membuat kita tidak menjadi sempit menghadapi masalah. 
  • Selalu optimis: Berpikir yang terjadi saat ini adalah yang terbaik, namun harus ada evaluasi setelah kejadian agar semakin baik dan baik kedepanya.

Berpikir positif dalam setiap keadaan membuat hidup semakin tenang. Menjalankan hidup semakin ringan tanpa ada beban.(*)

Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email