Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencuci Pakai Dengan Air Sumur Agar Lebih Bersih.

Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Di perkotaan sumber air utama adalah PDAM. Namun beda jika di desa yang tidak bisa diakses oleh PDAM, maka air sumur sebagai alternatifnya. Sayangnya air sumur  pada kebanyakan desa memiliki warna kuning dan sedikit berbau, jika mencuci dengan air sumur pada pakai maka pakaian tersebut akan ikut kuning.

mencuci pakaian dengan air sumur
Mencuci Pakaian Dengan Air Sumur

Kandungan Zat besi (fe) dan mangan yang tinggi pada air sumur membuat air sumur menjadi keruh (kuning kecoklatan). Bukan hal sepele air sumur yang keruh, malah menjadi masalah besar untuk ibu ibu rumah tangga. Namun jangan khawatir untuk anda ibu rumah tangga, penulis akan memberikan tips mencuci pakaian dengan air sumur. yuk cek this out.


1# Gunakan Tawas untuk menjernihkan air.

Pada jaman modern ini pencemaran air oleh bahan kimia dan bakteri pada air sumur semakin meningkat, jadi air sumur tidak bagus untuk mencuci. Solusi yang paling bagus untuk menyelesaikan masalah  air sumur seperti adalah menggunanakan desinfeksi, seperti menggunakan tawas.

Tawas masuk dalam kategori bahan untuk menjernihkan air. Tawas dalam rumus kimia Al2(SO4)3.18H2O dapat menjernihkan air karna mengumpulkan koloid dalam air. 

Pengaplikasian tawas untuk menjernihkan air sangat mudah. Silahkan haluskan tawas hingga berbentuk bubuk. Setelah halus, taburkan bubuk tawas pada air sumur dan tunggu minimal 6 jam lebih lama lebih baik. Air sumur akan jernih setelah diberi tawar, cocok digunakan untuk mencuci pakain. 


2# Lundingi air sumur dari kotoran

Sumur menjadi kotor dan menguning bukan hanya akibat kandungan tanah, namun kotoran dari atas jatuh ke dalam sumur juga menjadi penyebabnya. Untuk itu anda harus menutup bagian atas sumur agar tidak ada kotoran yang masuk. Atau anda bisa mengambil dan mendiamkan air sumur pada wadah besar hingga satu hari satu maalam lalu digunakan untuk mencuci.


3# Tambahkan Cuka dan Baking Soda Saat Mencuci

Cuka dan baking soda bukan hanya untuk bahan masakan. Cuka dan baking soda efektif untuk membuat baju berwarna putih menjadi cemerlang kembali dan banyak masyarakat desa menggunakan bahan ini. Gunakan cuka untuk merendam baju sebelum di cuci. Sedangkan baking soda di taburkan setelah baju sudah di basahi.


4# Pastikan Baju Benar-Benar Kering Sebelum Disetrika.

Proses mencuci yang tidak bagus akan memperparah bau dari pakaian akibat air sumur. Silahkan jemur pakaian hingga benar benar kering, lalu setrika. Bukan hanya menggunakan air sumur saja, namun air bersihpun juga bisa membuat baju yang tidak kering lalu anda setrika menjadi bau, maka baju tersebut akan bau.

Jemurlah baju sesuai kateristik bahan pakaian tersebut. Ada bahan tertentu yang cocok untuk di jemur di terik matahari, dan bahan tertentu yang tidak bagus di taruh dibawah sinar matahari. 


5# Gunakan Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik.

Semakin maju teknologi membuat hal yang sulit menjadi gampang. Seperti baju bau karna mencuci menggunakan air sumur, anda sekarang bisa mengatasi dengan menggunakan Pewangi. Baju yang anda cuci akan wangi tanpa harus khawatir karna di cuci dengan air sumur. Dengan produk pelembut pakaian tekstur dari baju setelah di cuci akan lembut dan betah untuk di pakai berlama-lama.

Cara ini paling efektif untuk mencuci pakian dengan air sumur dengan hanya mengeluarkan uang sedikit, anda bisa meminimalisir kerugian akibat pakaian bau karna memcuci pakian dengan air sumur.

Berlangganan via Email