Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Ide Pokok Dalam Bacaan, Definisi, Ciri dan Cara Menemukan

Banyak sekali permasalahan yang ditemukan ketika siswa harus menentukan ide pokok. Karna mereka tidak tahu definisi, ciri dan fungsi dari ide pokok itu tersendiri. Untuk itu penulis akan memberikan penjelasan singkat tentang ide pokok.

fungsi ide pokok dalam bacaan
fungsi ide pokok dalam bacaan

Definisi Ide Pokok.

Ide pokok, pikiran pokok, gagasan pokok atau sering di juluki juga topik dari sebuah paragraf. Ide pokok adalah ide pokok atau gagasan utama pembahasan pada paragraf atau bacaan. Lebih simpelnya sebuah ide inti bacaan, atau inti dari bacaan.

Nurhaena dalam bukunya (Pengantar Bahasa Indonesia) mengemukakan bahwa ide pokok adalah ide yang mendasari disusunnya sebuah paragraf dalam bacaan

Jika sebuah paragraf tidak memiliki Ide Pokok maka bisa dikatakan paragraf tersebut tidak memiliki isi atau biasanya di sebut paragraf yang tidak padu, karena Ide pokok sangat penting dan mengandung keseluruan isi paragraf. 

Ada beberapa julukan dari Ide pokok, salah satunya kalimat utama disebut kalimat topik, karna Ide pokok menjadi acuan atau panduan dari paragraf, pemicu dari kalimat-kalimat lainya dalam paragraf. 

Fungsi Ide Pokok Dalam Bacaan

Fungsi ide pokok dalam bacaan adalah memberikan penjelasan yang paling inti dari suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat memahami dengan mudah isi dari bacaan atau paragraf tersebut. Dengan mengetahui ide pokok maka pembaca dengan mudah mengetahui ide utama atau tujuan dari bacaan. Ide pokok merupakan ide yang mendasari disusunnya sebuah paragraf dalam bacaan.

Ciri-ciri Ide Pokok

  • Memiliki kalimat Penjelas atau kalimat pendukung (kalimat pengembang).
  • Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan

Cara Menentukan Ide Pokok.

Untuk menemukan ide pokok kita harus mencari kalimat utama terlebih dahulu, karna ide pokok berada didalam kalimat utama. Penulis telah membuat artikel tentang kalimat utama bisa di pelajari agar wawasan anda semakin luar.

  • Bisa dipastikan kalimat utama berada di awal kalimat jika kalimat setelahnya terdapat kata ....ini, ......itu, hal tersebut, hal ini dan lainya, karna menegaskan kalimat sebelumnya, sebagai acuan pembahasan dari keseluruhan kalimat.
  • Silahkan lihat rujukan dari kalimat penjelas. Karna kalimat penjelas menjelaskan kalimat utama. Contoh, kalimat penjelas menjelaskan masalah banjir. Bisa di simpulkan bahwa kalimat utama ada pada penyebab dari banjir, seperti, "kegitan warga yang membuang sampah sembarangan pada sungai".
  • Kalimat utama sangat gampang di ketahui letaknya, ada kalimat utama terdapat di awal kalimat, pada akhir, di tengah, atau campuran (di awal dan di akhir).

Jika sudah menemukan kalimat utama, anda bisa menyimpulkan ide dari kalimat utama tersebut, maka ituilah ide pokok bacaan.

Contoh Kalimat Utama

1. Kalimat utama berada di depan paragraf.

Budi merupakan laki-laki ganteng di desanya. Desa wangsal tempat tinggal budi yang unik, dimana mayoritas penduduk desa tersebut di tinggali oleh wanita. Warga yang berjenis kelamin laki-laki dapat di hitung dengan jari, mayoritas laki-laki di desa wangsal sudah kepala lima. Pemuda banyak gugur di medan perang pada saat wajib militer dilakukan.

Kalimat utama dari paragraf diatas adalah "Budi merupakan laki-laki ganteng di desanya". Ide pokok dari paragraf diatas adalah "Budi laki-laki paling ganteng"


2. Kalimat utama berada di akhir paragraf.

Wangsal desa yang mayoritas penduduknya perempuan. Jarang ditemukan pria di desa tersebut. Hanya ada laki-laki bekepala lima yang bisa di temukan. Semua pemuda mati dalam peperangan melindungi negara, kecuali budi yang lolos dari kegiatan tersebut. Oleh karena itu, budi menjadi laki laki paling tampan di desanya.

Kalimat utama dari paragraf di atas adalah "budi menjadi laki laki paling tampan di desanya".Ide pokok dari paragraf diatas adalah "Budi laki-laki paling ganteng".

Kesimpulan Penulis.

Fungsi ide pokok dalam bacaan merupakan inti penjelasan dari suatu bacaan tersebut, sehingga pembaca tidak kesulitan untuk memahami bacaan. Untuk menemukan ide pokok dengan cara mencari kalimat utama bukan hal sulit, malah tersebut hal paling mudah dan cepat menemukan ide pokok.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Fungsi Ide Pokok Dalam Bacaan, Definisi, Ciri dan Cara Menemukan"

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email