Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Paragraf Induktif, Pengertian dan Ciri-ciri

Banyak sekali para siswa kebingungan bagaimana membuat paragraf induktif, dan bagaimana bentuk sebenarnya paragraf induktif tersebut. Dibawah ini penulis akan memberikan penjelasan tentang contoh paragraf induktif.

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf Induktif.

Definisi paragraf adalah sebuah paragraf yang kalimat utama berada/terletak di akhir paragraf. Pada awal paragraf biasanya berisi kalimat penjelas berupa, rincian, fakta, contoh dan lainya. Lalu diakhiri dengan kesimpulan pada akhir paragraf.

Kami telah menjelaskan secara detail dan bagaimana cara membuat paragraf deduktif pada artikel Cara Membuat Paragraf Deduktif

Kebalikan dari paragraf deduktif yang menjelasakn suatu yang umum ke khusus. Namun untuk induktif menjelaskan khsusu ke umum. Pada awal paragraf penulis akan menyajikan sebuah data, uraian maupun contoh nantinya akan ditarik kesimpulan di satukan menjadi satu kalimat akhir. Jenis paragraf ini juga cukup efektif untuk tulisan yang menekankan pada penjelasan kalimat dari pada  kalimat akhir. seperti kita ingin mengkritik kinerja suatu perusahaan, pasti kita harus menulis fakta-faktanya terlebih dahulu lalu diakhiri dengan kalimat terakhir sebagai gagasan utama "perusahaan A melakukan hal kotor".

Ciri-ciri Paragraf Induktif.

  • Diawali dengan kalimat penjelas yang menyebutkan fakta, data, uraian dan lainya. Disusun secara runtun dan tidak sumbang.
  • Diakhiri dengan kesimpulan dari kalimat penjelas diatas.

Contoh Paragraf Induktif

1# Contoh Paragraf Induktif Budi cowok paling ganteng

Wangsal desa yang mayoritas penduduknya perempuan. Jarang ditemukan pria di desa tersebut. Hanya ada laki-laki bekepala lima yang bisa di temukan. Semua pemuda mati dalam peperangan melindungi negara, kecuali budi yang lolos dari kegiatan tersebut. Oleh karena itu, budi menjadi laki laki paling tampan di desanya.

Kalimat utama dari paragraf di atas adalah "budi menjadi laki laki paling tampan di desanya".

2# Contoh paragraf induktif SD Nyai Roro

Para guru gembira melihat nilai murid mereka telah muncul. Nilai rata-rata murid di SD Nyai roro melebihi standrat kelulusan. Ada 15 siswa melebih standrat kelulusan, sedangkan 8 siswa mendapatkan nilai standrat kelulusan. Lebih bergembira lagi tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah standar kelulusan. Dengan begitu, bisa dibilang pengajaran yang dilakukan guru-guru di SD Nyai Roro sukses dan berhasil.

3# Contoh paragraf induktif tentang lingkungan

Membuat sampah sembarangan bagi warga jakarta sudah menjadi kebiasaan dan di anggap lumrah bagi para warga. Mereka sadar bahwa kebiasaan jelek ini memiliki akibat yang besar untuk mereka. Sampah yang di buang sembarangan di sungai akan menyumbat aliran air, akhirnya air akan meluap ke pemukiman dan terjadilan banjir. Jadi tidak heran jika jakarta sering banjir dikarenakan tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

4# Contoh paragraf induktif tentang pendidikan

Rasa malas untuk belajar sangat lumrah di rasakan oleh para siswa hingga mahasiswa, mereka sering menerapkan sistem belajar SKS yaitu  Sistem Kebut Semalam. Sistem ini dilakukan ketika besok ada ujian. Dampak dari sistem ini akan dirasakan ketika ujian terlaksana, siswa akan mersakan kantuk berat ketika ujian, karna tidak tidur semalaman. Maka dari itu, belajar bukan hanya pada waktu ujian saja, Namun sejak jauh-jauh hari sebelum ujian tiba.

5# Contoh paragraf induktif tentang Analogi

Ada beberapa orang memilki kecintaan terhadap kendaraan layaknya anaknya sendiri. Memberikan yang terbaik untuk kendaraanya, seperti membeli suku cadang yang berkualitas, sama halnya meberikan makanan yang bernutrisi baik dan paling bagus untuk anak kita sendiri. Begitu pula ketika menganti oli, harus memberikan oli yang paling bagus, bukan oli bekas kendaraan orang lain, yang nantinya akan merusak kendaraan. Maka dari itu berikan sesuatu yang terbaik untuk kendaraan anda, jangan salah pilih.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Contoh Paragraf Induktif, Pengertian dan Ciri-ciri"

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email