Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Kunci Dalam Paragraf Dan Cara Menemukanya

Arti kata kunci dalam paragraf sangatlah penting. Pembahasanan sebuah teks pasti melibatkan kata kunci didalamnya, karna peran kata kunci sangat besar dalam ide pokok. Untuk menentukan sebuah kata kunci harus hati-hati karna akan menimbukan kesalahan dalam pemilihan kata.

Namun dengan cara yang tepat kata kunci dalam paragraf akan ditemukan dengan mudah.

Arti Kata Kunci Dalam Paragraf
Arti Kata Kunci Dalam Paragraf 

Arti Kata Kunci Dalam Paragraf

Kata kunci adalah kata atau ungkapan yang kedudukannya mewakili konsep atau gagasan dengan keistimewaan sebagai kunci atau kode yang mampu untuk memahami paragraf tersebut secara umum.

Kata kunci dalam paragraf merupakan unsur utama yang dimuat didalam kalimat utama atau ide pokok. Secara alami kata kunci terbentuk ketika membuat sebuah ide pokok. Jadi jika dianalogikan kata kunci dalam paragraf adalah kata kunci merupakan hal utama dalam ide pokok atau kalimat utama. Kalimat utama adalah gagasan utama pembahasan pada paragraf yang berupa kalimat.

Tidak selamanya kata kunci berada dalam kalimat utama. Namun untuk mencari sebuah kata kunci akan lebih mudah jika anda telah menemukan kalimat utama atau ide pokok dari paragraf tersebut.

Kata kunci memiliki fungsi sebagai penanda untuk memahami suatu karangan, tulisan atau jenis karya lainya dengan cepat. Dengan menemukan kata kunci dalam tulisan maka seseorang sudah dapat memahami informasi umum pada tulisan.

Cara Menemukan Kata Kunci Dalam Paragraf

  • Kata yang sering diulang - ulang: Kata kunci akan sering diulang karena kata kunci merupakan kata yang penting dibahas dalam paragraf.
  • Kata kunci terdapat pada ide pokok paragraf: Ide pokok paragraf adalah gagasan utama yang dijelasakan dalam paragraf, maka dalam ide pokok akan memuat kata kunci.
  • Mendapatkan kata ganti dalam kalimat lain: Kata yang sering diulang-ulang namun sering diganti dengan kata lain, karena diyakini dapat menghemat kata dan meyakinkan keutamaan kata tersebut.

Perlu diingatkan kembali bahwa kata kunci tidak hanya ada didalam kalimat utama, namun kalimat utama pasti menyebutkan kata kunci.

Contoh menemukan kata kunci dalam sebuah kalimat.

  • BUDI MAKAN SATE DENGAN LAHAP, kata kuncinya adalah Budi, Sate
  • ANJING MERUPAKAN BINATANG BERBULU YANG PINTAR, kata kuncinya adalah Anjing, Binatang, Pintar
  • BANYUWANGI MERUPAKAN TEMPAT WISATA YANG ASRI DAN HIJAU, kata kuncinya Banyuwangi, Wisata, Asri
  • BUDI KE BIOSKOP SIANG TADI, kata kuncinya adalah Budi, Bioskop

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Arti Kata Kunci Dalam Paragraf Dan Cara Menemukanya"

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email