Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vaksin Covid-19, Apa Kabar Vaksin di Indonesia?

Dilansir dari halodoc.com (12/12/2020) pada 23 September, kasus COVID-19 di indonesia cukup tinggi, korban positif tercatat sebanyak 257.388, korban meninggal sebanyak 9.997 jiwa dan kabar baiknya korban sembuh sebanyak 187.958.

Pada awal virus SARs-CoV-2 masuk di Indonesia membuat warga bumi pertiwi menjadi khawatir dan takut untuk keluar rumah, hingga pemerintah menerapkan Pembatasan sosial berskala besar Indonesia 2020 (2020 Indonesia large-scale social restrictions) biasanya disebut PSBB. 

vaksin corona
Perkembangan Vaksin COVID-19. Sumber: halodoc.com

Seiring dengan waktu, para ahli telah melakukan segala upaya untuk membuat Vaksin. Diantara Negara adidaya memerintahkan ahli medis terbaik mereka untuk memecahkan masalah ini. Menurut beberapa ahli, hanya dengan vaksin penduduk Bumi dapat kembali normal. 

Bagaimana Kabar Vaksin Covid-19 di Indonesia?

Menurut laman sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Upaya pengembagnan vaksin merah putih berada pada tahap 50% yang di kembangkan oleh Lembaga Eijkman. Vaksin yang lain bagaimana? Berikut ulasan perkembangan Vaksin COVID saat ini.

1. Vaksin Sinovac

Sinovac telah mendaftarkan uji coba fase 1/2 pada 16 september. Uji coba gabungan fase 1 dan 2 ini juga dilakukan di Hebie, china utara pada 28 september. 

Vaksin dari Sinovac uji coba fase III berlangsung hingga saat ini. Jika pada uji coba fase III di berikan kelancaran hasilnya akan di daftarkan ke BPOM. Apabila Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujuinya, diperkirakan pada januari 2021 vaksin ini akan diproduksi secara masal.

2. Vaksin Oxford

Vaksin buatan OXford dan AstraZeneca di jadikan kandidat utama dari sekian banyak vaksin uji coba lainya oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satu alasanya karna pengembanganya paling maju. Ada sedikit kendala dalam pengembagan Vaksi OXford dan sempat di tangguhkan dikarenakan memicu sebuah penyakit pada relawan. Kabar baiknya uji coba Vaksin ini kembali mulai.

Selain vaksin di atas masih banyak vaksin COVID-19 yang di kembangkan oleh para ahli seperti Vaksin Johnson & Johnson dari di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, AS, Vaksin Moderna dari Perusahaan bioteknologi dari AS, Vaksin Pfizer dari AS.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, begitu pepatah yang cukup familiar di telinga. Menjaga kesehatan tubuh kita dan menerapkan gaya hidup sehat pada diri kita dan keluarga kita. Gaya hidup sehat sangatlah mudah diterapkan seperti:

  • Konsumsi buah dan sayur : Buah dan sayur merupakan sumber vitamin, serat dan mineral yang bagus untuk tubuh kita. Mengkonsumsi buah dan sayur meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit rentan masuk ke tubuh.
  • Olah raga secara rutin : Berolah raga dapat meningkatkan imun dalam tubuh, sehingga tubuh semakin kuat untuk menolak penyakit yang masuk.
  • Istirahat uang cukup : Tidur bukan hanya menghilangkan rasa kantuk namun sangat bagus untuk kesehatan. Dengan istirahat cukup dapat menjaga kesehatan jiwa dan raga.
  • Pola pikir positif : Berfikir positif dapat menengkan perasaan dan dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Seseorang yang selalu menerapkan pola pikir positif cenderung lebih sehat dari pada yang tidak menerapkan.

Untuk mengetahui berita kesehatan dan perkembangan COVID-19 di indonesia, anda bisa lihat di halodoc.com.

vaksin corona
Solusi Kesehatan Terlengkap di Indonesia

Halodoc Solusi Kesehatan Terlengkap di Indonesia

Halodoc merupakan platform solusi kesehatan rakyat indonesia. Menyajikan berbagai informasi seputar kesehatan, seperti Obat, vitamin dan informasi seputar kesehatan lainya.

Halodoc memberikan fitur "Tanya Dokter". Pengguna dapat berkunsultasi dengan luasa dengan beragam dokter spesialis di seluruh Indonesia tanpa harus antri. Platform ini juga memberikan informasi seputar Covid-19 seperti Vaksin Covid, seputar tes rapid dan lainya.

Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Vaksin Covid-19, Apa Kabar Vaksin di Indonesia?"

Advertisements

Berlangganan via Email