Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Nun Mati atau Tanwin: idzhar, idgham bighunnah billaghunnah, Ikhfa dan iqlab

Untuk bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, maka kalian harus belajar dan paham ilmu tajwid. maka silahkan untuk kalian yang masih belum tahu tentang ilmu tajwid, bisa belajar disini, dan jika ada yang tidak faham bisa tulis di kolom komentar, atau hubungi sosial media kami.

Hukum Nun Mati atau Tanwin

Hukum Nun Mati atau Tanwin: idzhar, idgham bighunnah billaghunnah, Ikhfa dan iqlab

Dalam ilmu tajwid, pasti yang pertama dibahas, adalah hukum Nun Mati dan Tanwin bertemu dengan Huruf hijaiah yang 28. Untuk kalian  yang masih belum tahu silahkan ikuti penjelasakn singkat dibawah ini:

Idzhar halqi.

izhar halqi - idzhar halqi adalah ketika nun mati (نْ) atau Tanwin (Fatha tanwin -ً Kasrah Tanwin -ٍ Dhomah -ٌ) bertemu huruf  Hamzah (ء), 'Ain (ع), Ghain (غ), Ha (ح), Kha (خ), dan Ha' (ه). jika kalian menemukanya di Al Qur'an seperti lafat:

مِنْهُمْ
Min hum

Maka itu dinamakan idzhar halqi, cara pengucapanya tidak boleh dengung, harus jelas ( nun matinya  dan Hak harus jelas) dan tidak boleh di masukan. 

Untuk Penjelasan lebih rincinya lagi, silahkan cek disini:
Idzhar Halqi Dan Contohnya - Penjelasan Lenkap dan Mudah Dimengerti

Idgham Bigunna dan Idgham Bilagunnah

Idgham adalah ketika nun mati (نْ) atau Tanwin (Fatha tanwin -ً Kasrah Tanwin -ٍ Dhomah -ٌ) bertemu huruf idgham. Cara membacanya adalah menyatukan antara suara Nun mati, atau Tanwin dengan huruf idgham.

Huruf idham ada 6 di antaranya :
  1. Ya' (ي)
  2. Ra' (ر)
  3. Mim (م)
  4. Lam (ل)
  5. Waw (و)
  6. Nun (ن)



Pembagian Idgham

Idgham terbagi menjadi dua Idgham bigunna dan idgham bilagunnah, untuk penjelasanya di bawah ini:

1. Idgham Bigunnah

Pada pembagian idgham yang pertama ini adalah idgham yang disertai dengan dengung, jadi saat pengucapan nun mati (نْ) atau Tanwin (Fatha tanwin -ً Kasrah Tanwin -ٍ Dhomah -ٌ) bertemu huruf idgham bigunnah maka harus sertai denggung.

Perlu di pehatikan huruf dari idgom bigunna ada 4 :
  1. Ya' (ي)
  2. Nun (ن)
  3. Mim (م)
  4. Waw (و)


2. Idgham bilagunnah

Sedangkan untuk pembagian dari idgham yang nomer dua, idgham tidak beserta dengung. Memang pada dasarnya jika idgham tersebut menggunakan dengung tapi untuk idgham bila guna tidak menggunakan dengung. jadi saat pengucapan nun mati (نْ) atau Tanwin (Fatha tanwin -ً Kasrah Tanwin -ٍ Dhomah -ٌ) bertemu huruf idgham bilagunnah maka tidak sertai denggung.

huruf idgham bilagunna ada 2:
  1. Ra' (ر)
  2. Lam (ل)
Untuk Penjelasan yang lebih perinci, silahkan cek di artikel dibawah ini:
Idgham Bigunna dan Idgham Bilagunnah | Penjelasan lengkap dan Contoh audio.



Iqbal.

Iqlab ( إقلاب‎ ) Secara kalimat memiliki arti mengubah, Mengubah sesuatu dari bentuk aslinya. salah satu dari bab Nun mati dan Tanwin yang memiliki huruf paling sedikit, iyalah cuma satuBa ( ب ). 

Iqlab adalah ketika Nun Sukun/nun mati ( نْ ) atau tanwin (fathatain, kasratain, dhummatain) ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )  bertemu dengan huruf iqlab, Huruf iqlab cuma satu yaitu Ba ( ب ) . jadi ketika kalian menemukan dalam Alquran ada Nun Sukun/nun mati ( نْ ) atau tanwin (fathatain, kasratain, dhummatain) ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )  bertemu dengan Ba ( ب ) maka dinamakan Iqlab, seperti contoh : 

يُنْبِتُ  » dibaca Yum_mbitu

untuk yang masih gelum jelas tentang Iqlab, bisa lihat di artikel dibawah ini:
Iqlab | Pengertian, Cara Baca dan Contoh bacaan | lengkap

Ikhfa Haqiqi.

Secara arti kalimat Ikhfa adalah Menyamarkan, tapi menurut Ilmu tajwid jika ada Nun disukun/mati ( نْ ) dan tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ), baik itu fathah tanwin, kasrah tanwin dan juga dhomah bertemu dengan Huruf Ikhfa yang berjumlah 15 (lima belas) maka dihukumi (dibaca) ikhfa’ haqiqi.

Huruf Ikhfa haqiqi.
Untuk huruf ikhfa haqiqi tersebut paling banyak dari pada huruf huruf bacaan yang lain, seperti iqlab dan lainya. Huruf Ikhfa ada 15 seperti : 

ت – ث – د – ذ – ز – س – ش – ص – ض – ط – ظ – ف – ق – ك.

Untuk kalain yang masih belum jelas tentang Ikhfa bisa baca artikel dibawah ini, karna  kami akan bahas secara lengkap soal ikhfaf haqiqi ini.
Ikhfa Haqiqi - Pengertian, Pembagian, Contoh Lenkap dengan penjelasan
Nah Untuk pembahasan dari Nun mati bertemu dengan huruf Hijaiah, dan juga tanwin bertemu dengan huruf hijaiah yang 28 itu. Memang diatas kami jelaskan secara garis besar saja, untuk jelasan yang lebih perinci, seperti contoh dan cara pengucapan, kami sudah beri link ke artikel yang lebih lengkap. Jika ada yang masih belum jelas atau artikel kami kurang memuaskan bisa tulis dikolom komentar ya.
Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Hukum Nun Mati atau Tanwin: idzhar, idgham bighunnah billaghunnah, Ikhfa dan iqlab"

Advertisements

Berlangganan via Email