Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hakikat? Defini dan Pengertian

Seseorang akan semakin paham dengan penjelasan yang didengar, dibaca dan dilihat, jika tahu dan paham hakikat penjelasan tersebut. Apa itu hakikat?

Definisi Hakikat.

KBBI memberikan dua definisi tentang kata hakikat:

  1. Hakikat adalah intisari atau dasar.
  2. Hakikat adalah kenyataan yang sebenarnya.

apa itu hakikat
Apa itu Hakikat? sumber gambar: pixabay.com

Sudah begitu jelas definisi dari hakikat yang dilansir dari KBBI. Untuk lebih gampangnya lagi penulis akan memberikan contoh:

Contoh hakikat adalah intisari atau dasar.

Kasih kau menanamkan “hakikat” cinta di dalam hatiku.

Jika diurai dalam kata diatas, bahwa ada seseorang sedang menanamkan "Hakikat Cinta" kepada kekasihnya. Hakikat cinta disini bisa disebuah dasar cinta atau intisari cinta seseroang.

Contoh hakikat adalah kenyataan yang sebenarnya.

Hakikatnya dia baik kepadaku, namun tidak ada orang yang tahu.

Kata Hakikat diatas memiliki kenyataan yang sebenarnya, kenyataan bahwa orang tersebut memiliki perilaku yang baik kepada semua orang namun tidak ada orang yang tahu akan hal itu.

Pengertian Hakikat

Hakikat adalah kata yang berasal dari arab "Al-haqq" yang memiliki arti Kebenaran, kepunyaan, makna yang sebenarnya dan yang benar ada.

Contoh :

Nasi goreng ini memanglah sangat enak, tidak ada resep rahasia yang dicampurkan, tidak ada sihir yang dimasukan. Hakikatnya memasak nasi goreng dengan hati yang tulus membuat nasi goreng ini menjadi enak.

Hakikat (yang sebenar-benar nya) nasi goreng ini enak adalah proses pembuatan yang tulus untuk pelanggan atau seseorang yang kita suka.

Penggunaan kata Hakikat untuk menunjukkan makna yang sebenarnya atau makna yang paling dasar.

Hakikat sering digunakan benda, kondidi atauu pemikiran. Hakikat juga sering digunakan pada kondisi tertentu sehingga akan menjadi konvensi dan Kata "hakikat" seperti itu di sebut sebagai hakikat secara adat kebiasaan.

Perbedaan Hakikat dan Definisi

Dilansir dari kbbi.kemdikbud.go.id/ pada 2020. Definisi memiliki arti seperti berikut:

  1. Definsii adalah sebah kata, frasa atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama orang, benda, proses atau aktivitas.
  2. n rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi
  3. Rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembelajaran atau pembicaraan.

Setelah membaca arti dari definisi, pasti anda akan bingung tentang perbedaan antara "Definisi dan Hakikat" jika hakikat adalah dasar atau intisari, sedangkan definisi adalah menggambarkan suatu konsep dengan mengucapkanya, menunjukkan atau mengisyaratkan. Hasil menyatakan sebuah makna sebuah kata dengan memperinci unsur konsep.

Sumber:

https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Apa itu Hakikat? Defini dan Pengertian"

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email