Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan.!! Alat yang digunakan Untuk Mengukur Emas Adalah Neraca Sama Lengan

Alat yang digunakan untuk mengukur emas adalah neraca sama lengan. Apa itu neraca sama lengan? apa fungsinya dan bagaimana cara penggunaanya? mari kita bahas disini.

Neraca Sama Lengan Adalah Alat yang digunakan Untuk Mengukur Emas

Anda pernah melihat icon dari zodiak libra? itulah neraca sama lengan. Neraca sama lengan sering digunakan untuk mengukur emas, hampir semua toko emas menggunakan neraca sama lengan untuk mengukur emas mereka dan tidak sedikit pula penjual emas menggunakan timbangan digital.

Pengertian neraca sama lengan

Neraca sama lengan adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur atau menimbang massa emas.

Tidak dipungkiri lagi, untuk tingkat ketelitian dari neraca sama lengan cukup tinggi, ketelitian sebesar 0,1 gram.

Neraca sama lengan ini dilengkapi dua buah piringan yang berwarna kuning dan memiliki anak timbangan dengan berbagai satuan masa.

Bagian-bagian neraca sama lengan.

Dengan bentuk yang unik neraca ini banyak digunakan untuk logo sebuah keadilan. Dengan dua piringan yang bergantung pada kedua sisi. 

alat yang digunakan untuk mengukur emas adalah
Bagian neraca sama lengan

Neraca sama lengan memiliki bagian seperti berikut:

  1. Beam
  2. Agate Knife
  3. Agate Plate
  4. Pillar
  5. Scale
  6. Pan
  7. Plumb
  8. Pointer
  9. Weights
  10. Balancing screw
  11. Fulcrum
  12. Arrestment knob

Pada bagian atas tengah diberi nama beam, diantara Agate knife yang berupa batu akik. 

Arrest adalah penahan yang berfungsi agar knife edge tidak tumbul. Untuk pengoprasian arrest dnegan memutar knob secara perlahan. kebanyakan orang indonesia menganalogikan pilar sebagai statif dan knob sebagai klem.

Piringan yang ada pada kedua sisi disebut pan, pan atau piringan ini diletakkan pada setiap ujung dari lengan ayunan atau disebut beam. Pan ini memiliki fungsi untuk meletakkan bahan yang akan ditimbang dan meletakkakn anak timbangan.

Fungsi neraca sama lengan.

Neraca sama lengan menggunakan prinsip kesetaraan gaya gravitasi, jika barang yang di letakkan pada piringan (pan) sama berat, maka piringan (pan) akan sejajar, beda jika benda yang diletakkan tidak memiliki berat yang sama, piringan akan tidak sejajar. Piringan yang diletakkan barang yang berat akan turun kebawah.

Menggunakan prinsip kesetaraan grativasi, perbedaan berat sedikit saja pada bahan, akan membuat lengan neraca akan turun dan sebaliknya. Dengan prinsip ini neraca sama lengan sangat cocok untuk mengukur bahan yang paling kecil yang memerlukan presisi yang tinggi.

Bukan hanya emas, neraca ini jua sering di gunakan di leboratorium untuk menimbang senyawa yang akan diteliti. Karna berat ringan dari senyawa hrus persis agar tidak ada kesalahan dalam penelitian. 

Untuk itu neraca sama lengan juga banyak digunakan pada toko emas. Dengan tingkat akurasi dari neraca ini sangat tinggi membuat pedangan tidak salah dalam menebak harga emas. Perbedaan berat sedikit saja memperngaruhi harga emas dalam jumlah besar maupun kecil.


Menggunakan Necara Sama Lengan

Ketelitian dalam melihat turun naikan piringan harus diteliti, agar ukuran dari benda dapat ditebak dengan akrasi yang tinggi pula. Langka untuk mengukur benda pada neraca sama lengan seperti berikut:

  1. Lihat dan amati kedua piringan, seimbang atau tidak.
  2. Bila kedua piring tidak seimbang, silahakn untuk memutar sekurp pada kedua ujung lengan.
  3. Silahkan letakakan benda pada salah satu piring dan letakkan anak timbangan pada piringan yang lainya.
  4. Jika seimbang maka barang dan anak timbangan memiliki massa yang sama. Ketika salah satu ada yang turun atau naik, bertanda tidak seimbang.

Kesimpulan penulis.

Penggunan dari neraca sama lengan sudah hampir di singkirkan oleh timbangan digital, yang memililiki akurasi yang lebih tinggi. Namun tidak sedikit orang yang masih menggunakan timbangan ini untuk mengukur berat suatu benda.

Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Penjelasan.!! Alat yang digunakan Untuk Mengukur Emas Adalah Neraca Sama Lengan"

Advertisements

Berlangganan via Email