Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Thumbnail Youtube Yang Pas Mengundang Klik

Thumbnail YouTube hal pertama yang dilihat oleh para pemirsa. Jika thumbnail menarik dan membuat pemirsa menjadi penasaran, maka trafic akan berdatangan pada anda. Untuk membuat thumbnail yang menarik anda harus tahu ukuran yang pas agar tidak ada foto yang terpotong.

Ukuran Thumbnail YouTube yang pas harus diketahui oleh semua creator YouTube. Jika anda belum tahu berapa ukuran yang pas, penulis akan ulas tuntas pada artikel ini.

ukuran thumbnail youtube
Ukuran thumbnail youtube

Ukuran Thumbnail Youtube Yang Pas Mengundang Klik

Hal yang pertama dilihat oleh pemirsa YouTube adalah thumbnail, jika foto pada thumbnail menarik dan membuat penasaran maka pemirsa YT akan melihat video anda.

Judul yang menarik dan membuat penasaran sangat penting, namun jika tidak di lengkapi dengan thumbnail yang menarik kecil kemungkinan pemirsa YT mau melihat video anda.

Jika anda beranggapan konten yang menarik dan original membuat video anda kebanjiran trafik, itu salah besar, tanpa didasari thumbnail yang menarik video anda akan sia sia. Membuat thumbnail yang menarik salah satu cara paling efektif untuk mendongkrak video YouTube anda. 

Thumbnail telah disediakan oleh YouTube

YouTube telah memberikan banyak sekali fitur pendukung untuk para creator agar semakin mudah dalam optimasi video mereka. Salah satunya adalah thumbnail default yang diambil dari potongan video. YouTube memberikan 3 foto untuk creator pilih sebagai thumbnail videonya.

Sayangnya YouTube mengambil thumbnail secara acak dari video, sehingga gambar yang muncul kadang hanya hitam saja atau gambar yang blur. Untuk optimasi video kurang bagus, maka klik yang diterima akan sedikit.

Meskipun didukung dengan judul yang bagus dan menarik. Thambnail default kurang maksimal untuk mengundang klik. Oleh karena itu creator harus membuat thumbnail sendiri dengan desain yang menarik dan ukuran yang pas.

Ukuran Thumbnail YouTube Yang Pas

Tidak semua ukuran foto yang diupload cocok dengan kriteria ideal sebuah thumbnail YouTube. Pihak Google telah menjelaskan proporsi thumbnail yang pas untuk mode layar mini (layar ponsel dan lainya) dan mode layar besar (layar desktop dan lainya), anda dapat melihatnya disini: https://support.google.com/youtube/answer/72431?hl=en 

ukuran thumbnail youtube
Kebijakan YouTube prihal thumbnail

Seperti yang dijelaskan dalam laman diatas, YouTube dapat menampilkan ukuran thumbnail sebesar mungkin. Namun YouTube menyarankan untuk membuat ukuran gambar dengan spesifikasi seperti berikut:

  • Resolusi gambar 1280 x 720 pixel dengan lebar minimal 640 pixel
  • Rasio aspek gambar 16:9, karena resolusi ini yang paling banyak digunakan di pemutar dan pratinjau YouTube
  • Thumbnail YouTube mendukung format JPG, GIF, BMP, atau PNG
  • Ukuran file thumbnail maksimal 2 MB

Aplikasi untuk mengedit thumbnail YouTube bisa menggunakan Photoshop, CorelDraw, Adobe Ilustator dan lainya jika menggunakan PC. Jika untuk ponsel pintar dapat menggunakan pixellab. Namun pada saat ini banyak sekali tool online bisa anda gunakan seperti Canva yang menyediakan tool khusus untuk thumbnail YouTube.

Cara mengaktifkan thumbnail custom Youtube

Tidak semua channel memiliki fitur thumbnail custom, creator harus aktifkan fitur tersebut agar dapat menambahkan foto thumbnail custom. 

Untuk mengaktifkan thumbnail custom YouTube sangat gampang, kalian hanya perlu memverifikasi channel anda.

  1. Buka dasbord YouTube Creator Studio: https://studio.youtube.com/
  2. Kemudian klik "Channel"
  3. Selanjutnya klik tombol verifikasi sebelah kanan foto profil kamu.
  4. Pilih negara
  5. Pilih metode verifikasi bisa melalui sms atau telepon (rekomendasi menggunakan SMS)
  6. Tunggu sms atau telepon.
  7. Masukkan kode tersebut lalu klik "Kirim". Beres.

Cara ganti thumbnail YouTube

Creator dapat mengganti foto thumbnail menggunakan PC maupun ponsel. YouTube telah meluncurkan aplikasi YT Creator sudah tersedia di playstore, menggunakan aplikasi tersebut creator dapat mengganti thumbnail dengan mudah. 

Namun penulis menyarankan untuk mengganti thumbnail YouTube menggunakan situs YouTube, caranya seperti berikut:

  • Buka Creator Studio : https://studio.youtube.com/
  • Masuk menu video
  • Pilih video yang anda ingin ganti
  • Pilih icon pensil
  • Dibawah deskripsi anda akan menemukan menu thumbnail custom.

ukuran thumbnail youtube
Letak tombol upload thumbnail custom


Kesimpulan Penulis,

Ukuran adalah salah satu optimasi dalam meningkatkan kekuatan thumbnail pada video anda. Namun kreatifitas membuat thumbnail menjadi hal paling utama.

Desain yang bagus dan propesional bukan menjadi hal utama menjadikan thumbnail yang bagus. Foto yang mencerminkan isi dari konten dan membuat pemirsa menjadi penasaran dengan video anda adalah hal yang perlu di perhatikan.

Sekian dan terimakasih.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Ukuran Thumbnail Youtube Yang Pas Mengundang Klik"

Berlangganan via Email