Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli dan Unsurnya

Secara umum, definisi dari motivasi merupakan suatu tujuan atau pendorong yang memiliki tujuan sebagai daya gerak utama dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan, baik itu secara positif maupun negatif. Namun, pengertian motivasi menurut para ahli  tentu cukup variatif. 

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli
Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli.

Dalam bahasa Inggirs, kata ini disebut dengan motivation. Selain itu, kata motive juga berasal dari bahasa Melayu yang memiliki arti sebagai tujuan atau upaya untuk mendorong seseorang dalam melakukan sesuatu. 

Daftar Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Motivasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul dengan adanya gejala, perasaan, emosi, dan faktor kejiwaan. Hal ini mengakibatkan adanya dorongan dari individu untuk melakukan sesuatu yang disebabkan karena adanya keinginan, tujuan, dan kebutuhan. 

Berikut ini beberapa pengertian dari motivasi menurut para ahli yang dapat Anda pahami dan pelajari sebagai pengetahuan tambahan tentang apa itu motivasi. 

1. Menurut Mulyasa

Pengertian motivasi menurut Mulyasa adalah tenaga pendorong maupun penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku yang mengarah pada suatu tujuan tertentu. Dengan kata lain, seseorang akan memiliki motivasi yang tinggi ketika bersungguh-sungguh. 

2. Menurut Mc. Donald

Pengertian motivasi selanjutnya datang dari pendapat Mc. Donald yang menyatakan bahwa motivasi merupakan sebuah perubahan energi yang ada pada diri seseorang dan ditandai dengan adanya rasa atau feeling, namun didahului dengan respon dari adanya sebuah tujuan tertentu. 

3. Menurut Edwin B. Flippo

Edwin B. Flippo menjelaskan perihal pengertian motivasi yang merupakan suatu keahlian dalam memberikan pengarahan kepada seorang pegawai atau sebuah organisasi agar dapat berbasil dalam pekerjaannya. Hal ini dilakukan hingga tujuan dari organisasi tersebut tercapai. 

4. Menurut American Encyclopedia

Ensiklopedia Amerika menyatakan bahwa pengertian motivasi ini berupa sebuah kecenderungan yang ada dalam diri seseorang. Kecenderungan ini dapat membangkitkan penopang dan juga digunakan sebagai pengarah akan tindak tanduk seseorang. 

5. Menurut Morgan et al

Pengertian motivasi dari sudut pandang Morgan et al ini merupakan kekuatan yang bisa menggerakkan seseorang untuk kemudian melakukan suatu tindakan yang mengarah pada suatu tujuan 

6. Menurut Djamarah

Djamarah memiliki pengertian motivasi yang berbeda dengan para ahli lainnya. Ia mendefinisikan motivasi sebagai perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan serta didahului tanggapan atas sebuah tujuan. 

Perubahan energi pada diri seseorang ini berbentuk aktivitas nyata berupa kegiatan fisik. Karena adanya tujuan dan aktivitas inilah, maka seseorang akan mempunyai motivasi yang kuat untuk mencapainya. 

7. Menurut Winardi

Menurut Winardi, motivasi berasal dari kata motivation yang memiliki arti menggerakkan. Jadi, pengertian motivasi menurut para ahli seperti Winardi adalah hasil dari sejumlah proses yang memiliki sifat internal ataupun eksternal untuk seorang individu, sehingga menimbulkan sikap entusiasme serta persistensi dalam melaksanakan kegiatan tertentu. 

8. Menurut Weiner

Pengertian motivasi dari Weiner yang dikutip dari Elliot et al merupakan suatu kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk bertindak, mendorongnya untuk mencapai suatu tujuan, serta membuat seseorang tertarik akan suatu kegiatan tertentu. 

Dari keseluruhan definisi serta pengertian tentang motivasi dari para ahli diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi merupakan suatu keadaan yang mendorong dan merangsang seseorang untuk melakukan sesuatu hingga tujuannya tercapai. 

Jenis Motivasi dan Pengaruhnya

Motivasi menjadi suatu kekuatan yang kompleks dalam diri individu untuk bergerak ke arah tujuan tertentu, baik itu disadari maupun tidak. Motivasi seseorang juga dapat timbul dan tumbuh melalui dirinya sendiri atau disebut dengan intrinsik, dan bisa berasal dari lingkungannya atau ekstrinsik. 

Motivasi intrinsik memiliki arti bahwa munculnya keinginan berasal dari diri sendiri untuk bertindak tanpa adanya rangsangan dari luar. Sedangkan untuk motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang datang dari luar individu dan tidak dapat dikendalikan oleh individu tersebut. 

Contoh dari motivasi ini sendiri adalah yang terjadi pada kegiatan belajar. Adanya motivasi disini menjadi daya gerak yang menjamin terjadinya kelangsungan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Dengan demikian, motivasi sangatlah berpengaruh terhadap hasil dari belajar seseorang. 

Dasar dan Unsur Motivasi

Apabila seseorang tidak memiliki motivasi, maka orang tersebut tidak akan mencapai hasil yang optimal. Motivasi juga erat kaitannya dengan tiga hal, yakni keadaan yang mendorong terjadinya tingkah laku, tingkah laku yang terdorong karena adanya keadaan tersebut, serta tujuan dari adanya tingkah laku tersebut. 

Selain itu, motivasi memiliki tiga unsur yang melatarbelakanginya. Diantaranya adalah motivasi dimulai dari adanya perubahan energi yang terjadi dalam diri pribadi, motivasi yang ditandai dengan munculnya perasaan, dan motivasi yang ditandai dengan adanya reaksi untuk berusaha mencapai tujuan. 

Faktor Timbulnya Motivasi

Pengertian motivasi menurut para ahli  di atas bisa dipahami juga sebagai proses psikologis dalam diri yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal. 

Untuk faktor internal ini terdiri dari tingkat pendidikan, pembawaan individu, pengalaman masa lampau, dan harapan di masa depan. Sedangkan untuk faktor eksternalnya adalah pemimpin dan kepeminpinannya, lingkungan kerja, adanya tuntutan tugas, serta bimbingan dari atasan. 

Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli dan Unsurnya"

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Berlangganan via Email