Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli: Ciri dan Peran

Berbicara tentang keluarga tentunya bukan hal yang asing lagi, bukan? Seringkali orang-orang membicarakan tentang keluarga, namun tidak sedikit yang kurang memahami makna keluarga sebenarnya. Pengertian keluarga menurut para ahli juga masih banyak yang belum mengetahuinya. 

Keluarga merupakan bagian dari masyarakat yang terdiri dari beberapa individu didalamnya. Tempat untuk mencurahkan segala kasih sayang adalah keluarga. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui lebih dalam lagi pengertian dari keluarga berikut ini, khususnya menurut para ahli.

pengertian keluarga menurut para ahli
 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli. Sumber: pixabay.com

Pengertian Keluarga

Pengertian keluarga bisa dipahami sebagai sebuah unit paling kecil yang ada di masyarakat, dan dipimpin oleh seorang kepala keluarga dengan beberapa anggota didalamnya yang saling berkaitan. Sebuah keluarga biasanya tinggal dalam satu atap serta saling bergantung satu sama lain, meski ada juga yang tinggal terpisah. 

Untuk menambah pengetahuan dan pemahaman Anda tentang keluarga, berikut ini adalah beberapa pengertian keluarga yang dikemukakan oleh para ahli. Diharapkan Anda akan lebih menghargai lagi keluarga yang dimiliki setelah mengetahui arti keluarga yang sebenarnya. 

Bergess 

Bergess berpendapat bahwa keluarga merupakan sekelompok orang yang terikat karena perkawinan, keturunan, maupun karena adopsi. Menurut Bergess, sekelompok orang tersebut saling berinteraksi satu sama lain dan tinggal dalam satu tempat atau rumah yang sama. 

Duvall dan Logan

Tokoh berikutnya yang memberikan pengertian tentang keluarga yaitu Duval dan Logan. Pengertian keluarga yang dikemukakan Duvan dan Logan hampir sama dengan Bergess, namun memiliki tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan beberapa aspek dari anggota keluarga. 

Friedman 

Pengertian keluarga menurut para ahli berikutnya dikemukakan oleh Friedman. Tidak jauh berbeda dengan pendapat para ahli sebelumnya, menurut Friedman keluarga adalah sekelompok orang yang terikat dan tinggal bersama untuk dapat meraih suatu tujuan. 

Ciri-ciri Keluarga

Keluarga memiliki ciri-ciri yang perlu Anda ketahui. Ciri pertama dari sebuah keluarga adalah terdiri dari beberapa individu yang menyatu karena sebuah ikatan pernikahan, ikatan darah, maupun karena adopsi. Biasanya, anggota sebuah keluarga tinggal bersama maupun terpisah tetapi tetap menjaga hubungan. 

Ciri berikutnya dari sebuah keluarga adalah dimana saja berada biasanya setiap anggota keluarga akan tetap berkomunikasi satu sama lain. Terkait kebudayaan yang ada dalam keluarga biasanya sama dan menyesuaikan dengan masyararakat tertentu. 

Peran Keluarga untuk Anak

Keluarga merupakan harta yang paling berharga di dunia ini, dan tidak bisa tergantikan dengan apapun. Begitu pula dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, keluarga, khususnya orangtua memiliki peranan yang sangat penting. Berikut ini beberapa peran keluarga terhadap anak yang perlu Anda ketahui. 

1# Berperan sebagai Pendidik

Keluarga berperan sebagai pendidik untuk anak. Sering dikatakan juga bahwa keluarga, terutama orangtua, adalah guru dan pendidik pertama bagi anak-anaknya. Sebelum mengenal dunia luar, anak-anak akan mendapatkan pendidikan dari keluarganya terlebih dahulu. 

Sebuah keluarga harus mampu memberikan nilai-nilai moral yang baik untuk anak-anak didalamnya. Pendidikan karakter khususnya yang diberikan oleh keluarga, juga akan sangat berpengaruh terhadap terhadap pergaulannya diluar. 

Tidak dapat dipungkiri juga bahwa pergaulan seorang anak akan dipengaruhi oleh lingkungannya, baik dalam aspek yang baik maupun buruk. Untuk mencegah anak dari pengaruh lingkungan dengan pergaulan yang buruk, orang tua dan anggota keluarga lain dituntut untuk menjadi seorang pendidik yang baik dirumah. 

2# Pelindung dan Motivator

Peran berikutnya dari sebuah keluarga yaitu sebagai pelindung dan motivator untuk anak. Sudah menjadi kewajiban dari keluarga untuk melindungi anaknya dari rasa tidak aman. Ketika anak dihadapkan dengan sesuatu yang akan membahayakannya, keluarga harus mampu menjaga dan melindunginya. 

Keluarga tidak hanya berperan sebagai pelindung saja, tetapi harus mampu menjadi motivator yang baik untuk anak. Masa-masa sulit atau down yang dialami oleh anak harus diatasi dengan memberikan motivasi-motivasi yang akan membuatnya menjadi semangat kembali.  

Penting untuk Anda ketahui juga bahwa seorang anak tidak hanya membutuhkan materi saja. Perhatian dan dukungan dari keluarga juga menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi seorang anak. Keluarga harus menjadi tempat dimana anak merasa dilindungi dan mendapat kasih sayang. 

3# Sebagai tempat Berbagi Cerita 

Peran keluarga sebagai tempat berlindung utama untuk anak juga harus mampu menjadi tempat berbagi cerita. Fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini, tidak sedikit anak yang merasa bingung untuk mencari tempat bercerita ketika dihadapkan dengan masalah. 

Berdasarkan beberapa pengertian keluarga menurut para ahli yang menyatakan bahwa setiap anggota didalam keluarga saling berinteraksi, maka salah satu perannya adalah sebagai tempat berbagi cerita. Dalam hal ini, alangkah lebih baiknya jika keluarga menjadi tempat berbagi cerita yang utama untuk anak. 

Apabila seorang anak sudah merasa tidak nyaman berada dalam suatu keluarga, terlebih dalam hal berbagai cerita, tentu akan menimbulkan beberapa masalah. Ketika anak berbagi cerita dengan orang luar terkait masalah yang dihadapinya, belum tentu rahasianya akan terjaga dengan baik. 

Badiatur Roqibus Syafaah
Badiatur Roqibus Syafaah Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk " Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli: Ciri dan Peran"

Advertisements

Berlangganan via Email