Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Drama Menurut Para Ahli: Unsur dan Jenis

Karya sastra terdiri dari dari beberapa jenis, dan salah satunya adalah drama. Secara sederhana, drama adalah sebuah karya sastra yang memberikan gambaran kehidupan dari manusia. Untuk menambah pemahaman Anda, berikut akan dijelaskan juga beberapa pengertian drama menurut para ahli

pengertian drama menurut para ahli
Pengertian Drama Menurut Para Ahli. Sumber: pixabay.com

Pengertian Drama

Drama biasa dipentaskan berdasarkan realita yang terjadi dalam kehidupan. Konflik yang ada dalam drama harus disajikan dengan baik agar penonton juga dapat merasakan apa yang dialami oleh tokohnya. 

Apabila diperhatikan secara luas, sebenarnya drama memiliki beberapa pengertian yang dapat Anda ketahui. Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian drama. Berikut ini beberapa ahli dengan pendapatanya tentang pengertian drama yang perlu Anda ketahui. 

Tarigan

Menurut Tarigan, drama adalah sebuah karangan yang dibuat untuk menggambarkan kehidupan dari tokoh yang ada didalamnya. Melalui dialog dalam drama, diharapkan dapat memberikan pelajaran bermanfaat yang dapat diambil oleh penontonnya. 

Moulton

Tokoh lainnya yang juga memberikan pengertian drama adalah Moulton. Menurut pendapat Moulton, drama adalah sebuah kisah yang diambil dari kehidupan manusia, kemudian disajikan secara langsung melalui tindakan atau gerak. 

Benhart 

Tokoh lain yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian drama adalah Benhart. Menurut pendapat Benhart, drama merupakan karangan dari suatu prosa baik dalam bentuk dialog maupun pantomi dengan suatu konflik yang terkandung didalamnya untuk dipentaskan. 

Dari beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian drama adalah sebuah jenis karya sastra yang berisi kisah kehidupan manusia dan terdiri dari dialog antar tokoh didalamnya untuk dipentaskan. 

Unsur- unsur dalam Drama

Setelah mengetahui pengertian drama menurut para ahli, Anda juga perlu mengetahui beberapa unsur didalamnya, yaitu tema, penokohan, alur, latar, amanat, serta dialog. Untuk memahami masing- masing unsur drama tersebut, berikut penjelasan dari masing- asing unsur drama tersebut. 

  1. Tema: Setiap drama yang dibuat harus memiliki sebuah tema yang akan menentukan keseluruhan isi cerita. Sebagai unsur pertama yang harus ada dalam drama, penting untuk Anda menentukan sebuah tema terlebih dahulu ketika hendak membuat sebuah drama yang akan dipentaskan. 
  2. Penokohan: Unsur berikutnya yang perlu ada dalam sebuah drama yaitu penokohan. Perlu diketahui bahwa penokohan merupakan perwatakan tokoh-tokoh yang ada dalam drama tersebut. Pada sebuah drama, biasanya penokohan terdiri protagonis dan antagonis
  3. Alur: Alur termasuk dalam unsur drama yang berisi tentang keseluruhan rangkaian cerita yang ada dalam drama. Beberapa aspek yang terkandung didalam alur yaitu permasalahan yang muncul, mulai timbulnya konflik, puncak masalah, hingga penyelesaian dari masalah tersebut. 
  4. Latar: Unsur drama yang tidak kalah penting adalah latar atau tempat kejadian cerita. Apabila drama hendak dipentaskan, maka latar yang dibuat harus sesuai dengan yang ada dalam cerita tersebut. Adanya latar dapat membantu penonton untuk mengetahui detail kejadian dalam cerita.  
  5. Amanat: Dalam sebuah drama harus ada amanat yang terkandung didalamnya. Amanat tersebut bertujuan untuk memberikan pesan moral pada orang yang menontonnya. Dengan adanya amanat dalam drama, penonton juga dapat mengambil pelajaran berharga setelah menontonnya. 
  6. Dialog: Dialog merupakan salah satu unsur drama yang berupa percakapan antar tokoh yang terlibat didalamnya. Tidak hanya percakapan antar tokoh saja yang ada dalam suatu drama, tetapi biasanya terkandung monolog juga atau dialog sendiri. 

Jenis-jenis Drama 

Anda tidak hanya diharapkan mengetahui pengertian drama menurut para ahli saja, tetapi hendaknya juga beberapa jenis drama. Setiap jenis drama memiliki tujuan dan cara berbeda dalam menyampaikan pesan kepada penonton. Berikut ini adalah beberapa jenis drama yang harus Anda ketahui. 

1# Komedi 

Jenis drama pertama yang cukup banyak disukai orang adalah komedi. Drama komedi pada dasarnya bersifat humor dengan tujuan untuk menghibur penonton melalui dialog-dialog lucu antar tokohnya. Komedi disukai banyak orang karena dapat mengundang tawa pada penontonnya. 

2# Tragedi 

Tragedi termasuk dalam salah satu jenis drama yang biasanya disajikan dengan kisah sedih dari tokoh-tokoh yang terlibat. Dalam drama tragedi biasanya pengarang akan membuat tokohnya mengalami kekecewaan dan kurang beruntung dalam hidupnya. 

3# Dagelan 

Jenis drama berikutnya yang perlu Anda ketahui yaitu dagelan. Pada dasarnya drama dagelan juga sering disebut komedi picisan karena sering mengundang tawa para penontonnya. Dagelan memiliki humor yang tidak berat serta alur yang mengikuti situasi tanpa pengembangan dari kisah tokohnya. 

4# Melodrama

Melodrama merupakan suatu jenis drama yang  cukup senitmental sehingga dapat menyentuh perasaan penontonnya dan membuat terharu dengan ceritanya. Melodrama juga memiliki beberapa ciri yang perlu Anda ketahui, dan diantaranya biasanya mengisahkan tentang perjuangan dari seseorang atau pahlawan. 

Dalam melodrama penokohannya cukup serius meskipun tidak sesuai dengan tragedi yang terjadi. Ciri lain yang paling terlihat dari melodrama adalah dapat menimbulkan rasa simpati dari penontonnya. Melodrama biasanya juga mengandung beberapa unsur perubahan dalam ceritanya. 

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk " Pengertian Drama Menurut Para Ahli: Unsur dan Jenis"

Berlangganan via Email