Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mencari Filter IG yang Mudah Diterapkan

Instagram saat ini memiliki deretan fitur canggih, dimana Anda bisa membangikan video maupun foto melalui sosial media ini. Salah satu fiturnya adalah filter yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jika ingin mendapatkan fitur yang menarik, tentu Anda harus tahu beberapa Cara mencari filter IG tersebut.

cara mencari filter ig
Cara mencari filter ig

Cara Mencari Filter IG

Baru-baru ini, Instagram memperbarui fiturnya dengan menambahkan efek atau filter di bagian kamera. Filter yang disediakan oleh Instagram ini dapat digunakan secara gratis oleh para pengguna. Lalu bagaimana cara mencari filter lain di Instagram? Berikut cara yang bisa Anda terapkan.

cara mencari filter ig
Gallery Effect

1# Menggunakan Gallery Effect

Pertama, Anda bisa menggunakan Gallery Effect untuk mencarinya. Cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan karena sudah disediakan oleh Instagram secara langsung. Gallery Effect ini bisa Anda cari di fitur Instagram Story. Berikut langkah-langkah menggunakannya.

  • Buka akun Instagram Anda. Setelah itu, buka fitur Instagram Story untuk menemukan Gallery Effect.
  • Di bagian deretan efek, Anda bisa menggesernya ke bagian kanan. Geser sampai ujung untuk menemukan tombol Browse Effect atau Telusuri Efek. 
  • Jika sudah berhasil menemukannya, Anda bisa memilih jutaan filter yang tersedia di Instagram.
  • Anda bisa melakukan pencarian secara manual dengan menuliskan nama filter yang dicari pada kolom yang tersedia.
  • Untuk mencoba dan melihat hasilnya, Anda bisa memilih Try It. Sedangkan untuk menyimpannya, Anda bisa memilih Save atau Simpan.

Cara mencari filter IG dengan menggunakan Gallery Effect ini adalah yang paling mudah untuk diterapkan. Anda tidak membutuhkan aplikasi lain untuk mencari efek yang diinginkan.

2# Melalui Instagram Story Milik Pengguna Lain.

Anda pasti pernah ‘kepincut’ dengan filter yang digunakan oleh pengguna lain bukan? Menariknya, Anda juga bisa ‘memiliki’ filter ini dengan mudah. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Instagram dan membuka Instastory milik pengguna lain.

Saat sudah menemukan filter yang diinginkan, Anda hanya perlu mengklik bagian nama filter yang berada di bawah nama akun tersebut. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan seperti Try It, Save Effect, Share It, dan More.

Untuk mencoba efeknya, Anda hanya perlu mengklik bagian Try It. Sedangkan jika ingin menyimpannya, Anda hanya tinggal memilih pilihan Save Effect. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya untuk membuat Instagram Story.

cara mencari filter ig
Situs Lenlist

3# Menggunakan Situs Lenlist

Tahukah Anda apa itu situs Lenlist? Situs ini merupakan sebuah software aplikasi yang menyediakan banyak filter menarik untuk berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Snapchat. Menariknya, setiap filter yang tersedia disini dibuat langsung oleh para creator.

Kendati dibuat langsung oleh creator, filter yang ada di Lenlist bukanlah filter resmi dari aplikasi ini. Tidak hanya memberikan filter secara gratis saja, Lenlist juga menyediakan tempat bagi siapapun yang ingin mengunggah dan memperkenalkan filter karyanya.

Selain bisa menjadi tempat untuk mendownload filter yang menarik dan lucu, Anda bisa menjadikan Lenlist sebagai tempat berkreasi.

cara mencari filter ig
Akun Sparkarcreators

4# Melalui Akun @sparkcreators

Cara mencari filter IG yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan akun @sparkcreators. Akun Sparkcreators merupakan sebuah proyek utama yang dibentuk guna mendukung filter yang dibuat oleh para pengguna Instagram.

Anda bisa mencari para creator yang membuat filter Instagram melalui akun ini. Pengguna yang berhasil membuat filter di Instagram biasanya disebut dengan istilah Spart AR Creator. Hingga kini sudah banyak creator yang berkumpul di akun ini.

5# Menggunakan Hashtag di Instagram

Hashtag bisa menjadi jalur alternatif termudah untuk mencari deretan filter cantik di Instagram. Metode penggunaan hashtag pada Instagram ini biasanya digunakan untuk menarik lebih banyak suka dari pengguna lain yang bukan pengikut akun Anda.

Tidak hanya digunakan pada postingan saja, mode hashtag juga bisa anda gunakan untuk mencari filter-filter unik di Instagram. Anda bisa menemukan banyak filter dari para creator di seluruh dunia. Umumnya, para pengguna yang menggunakan hashtag memiliki tujuan lain.

Tujuan ini diantaranya seperti mencari followers, mengenalkan karyanya, dan lain sebagainya. Nah, jika Anda juga memiliki filter yang ingin dikenalkan, maka bisa menggunakan hashtag juga untuk memperlihatkannya pada pengguna lain.

6# Melalui Saran Following

Cara mencari filter IG yang selanjutnya adalah melalui saran following. Saat Anda mulai mengikuti seorang creator filter, biasanya akan muncul sejumlah akun yang bisa difollow. Akun-akun yang muncul ini umumnya berada dalam satu tema yang sama dengan creator yang Anda follow.

Para creator yang muncul di saran following ini bisa anda ikuti untuk mendapatkan filter lain yang lebih banyak. Anda bisa mendapatkan lebih banyak filter dengan menelusuri setiap saran following yang muncul.

7# Melalui Akun Instagram Creator Filter Tersebut

Cara yang satu ini bisa Anda gunakan jika sudah mengetahui nama akun creator yang membuat filter tersebut. Anda bisa mengunjungi akun dari creator tersebut untuk mendapatkan filternya. Penasaran seperti apa caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Anda perlu memiliki aplikasi Instagram terlebih dahulu.
  • Setelah itu, bukalah akun Instagram pribadi Anda.
  • Jika sudah terbuka, Anda hanya perlu mengetik nama akun pengguna Instagram yang menyediakan filter tersebut.
  • Setelah muncul, Anda hanya perlu mengklik ikon smile yang berada di bagian profil creator tersebut.
  • Sesaat setelah Anda mengkliknya, akan muncul deretan filter yang dibuat oleh sang creator tersebut. Anda bisa memilih filter yang paling disukai dan menggunakannya.
  • Sebelum mendownloadnya, Anda juga diberikan kesempatan untuk mencoba filter tersebut dengan memilih pilihan Try It.
  • Jika filternya sudah sesuai dengan yang diharapkan, anda bisa memilih pilihan Simpan atau Save Effect agar bisa digunakan kapan pun.
  • Filter yang sudah Anda download akan secara otomatis masuk dalam jajaran filter lain di fitur Instastory.

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, mencari filter menggunakan nama sang creator ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah menemukan akun dari creator tersebut. Jika belum menemukannya, Anda bisa memilih menggunakan salah satu dari cara sebelumnya.

Umumnya, para creator membuat lebih dari satu filter di Instagramnya. Saat ini, jumlah filter di Instagram sudah sangat banyak dan semuanya dapat Anda gunakan secara gratis tanpa harus membayar sedikit pun.

Jika ingin seluruh filter yang ada di Instagram dapat digunakan pada perangkat, Anda harus secara rutin melakukan update aplikasi Instagram. Update aplikasi yang dilakukan secara rutin dapat membantu Anda mengatasi berbagai macam permasalahan yang muncul di Instagram.

Proses update ini bisa Anda lakukan melalui Google PlayStore. Untuk mengupdate ke versi yang lebih baru, Anda juga tidak diwajibkan untuk membayar. Lakukanlah update Instagram ini setiap beberapa bulan sekali untuk menghindari adanya kendala saat Anda menggunakannya.

Demikianlah ulasan tentang cara mencari filter IG yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Kepopuleran Instagram berhasil membawa banyak pengaruh dalam berbagai hal. Khususnya untuk menghibur diri, Anda bisa menggunakan beragam fitur menarik ini melalui IG kapan pun Anda menginginkannya.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mencari Filter IG yang Mudah Diterapkan"

Berlangganan via Email