Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Browser: Pengertian, Fungsi dan Contoh

Internet menjadi aspek yang sangat penting untuk kehidupan saat ini. Hampir setiap orang tidak bisa dipisahkan dari internet. Agar bisa tersambung dengan internet dibutuhkan browser. Lalu, apakah yang dimaksud dengan browser? Simak ulasannya berikut.

apakah yang dimaksud dengan browser
apakah yang dimaksud dengan browser, Sumber: pixabay.com

Pengertian Browser

Browser merupakan software yang digunakan untuk mengakses website di internet. Browser atau web bowser adalah aplikasi yang bisa digunakan sebagai penjelajah, penyaji, ataupun mengambil konten dari berbagai macam sumber yang terdapat dalam intenet.

Website secara frasa dapat dipahami sebagai media penjelajahan atau alat untuk menjelajahi berbagai situs web yang ada di internet. Peramban web atau web browser ini dapat melakukan identifikasi dari berbagai sumber informasi seperti gambar, video, atau konten sejenis lainnya.

Browser merupakan alat utuk mencari informasi serta data apa saja yang dibutuhkan. Ini merupakan dasar dari pencarian berbagai macam informasi yang diperlukan untuk menampung dan menampilkan semua informasi yang diminta.

Selain browser, Anda tentunya juga akrab dengan kata serach engine. Sedikit orang yang mengerti bahwa dua hal ini berbeda. Perbedaan yang pertama, browser adalah software dan search engine adalah halaman yang digunakan untuk mencari halaman website lainnya.

Perbedaan yang kedua, browser tersimpan dalam komputer yang Anda gunakan. Sedangkan serach engine tidak, namun tersimpan di komputer server, dan bisa diakses 24 jam. Setelah Anda memahami apakah yang dimaksud dengan browser dan search engine, jangan salah membedakannya, ya.

Fungsi Browser

Browser mempunyai beberapa fungsi, yang bisa dijelaskan sebagai berikut.

  1. Mempermudah Mencari Infomasi: Fungsi pertama dari browser adalah membantu pengguna melakukan penjelajahan di dunia maya. Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah untuk menemukan alamat yang mereka ingin akses di website.
  2. Menyimpan Berbagai Data: Browser memiliki fitur bookmark yang bisa digunakan untuk meyimpan halaman yang Anda cari. Dengan ini, Anda tidak perlu lagi mecarinya melalui search engine.
  3. Membuka File Menggunakan Esktensi Khusus: Browser juga bisa digunakan untuk membuka file dengan ekstensi khusus. Misalnya, Anda bisa membuka file pdf dengan browser. Selain itu, Anda bisa membuka file dengan ekstensi CSS, HTML, PHP, JS, dan sejenisnya disini.
  4. Menjaga Keamanan Website: Proses verikasi juga bisa dilaksanakan oleh web browser, dengan tujuan memastikan laman tersebut aman untuk Anda kunjungi. Sebab, tidak semua laman aman untuk dikunjungi, karena banyak website yang terkena malware. Bahkan ada juga yang sengaja memasangnya. Bisa juga malware ini dipasang pada software khusus yang Anda download dari internet. Tujuannya adalah untuk mencuri data, membuat data Anda terenskripsi sehingga tidak bisa dibuka, dan sebagainya.
  5. Mendukung Pemakai Search Engine: Serach engine dan browser memang dua hal yang berbeda. Meskipun begitu, pemakaiannya tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena serach engine adalah bagian dari browser

Contoh Browser

Setelah membahas menganai apakah yang dimaksud dengan browser, ada contoh browser yang bisa Anda gunakan untuk menjelajah internet sebagaimana berikut.

1. Google Chrome

Browser ini paling sering digunakan oleh masyarakat, meskipun termasuk yang usianya relatif muda. Google chrome mampu mengalahkan senior-seniornya, karena performa yang dimilkinya. Tampilan yang sederhana, ramah, dan menarik menjadikan pengguna lebih betah menggunakan google chrome.

Google chrome juga terintegrasi dengan berbagai produk google yang lain. Selain itu, google chrome memiliki kelebihan berupa keamanan yang lebih terjaga, dan kecepatan loading yang lebih cepat. Namun, kelemahannya adalah, terlalu banyak memakan memori.

2. Mozilla Firefox

Browser satu ini sudah terjamin performa dan keamaannya. Mozilla sudah terkenal memiliki tingkat pengamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan browser yang lain. Kelebihan yang dimiliki Mozilla adalah adanya fitur add on. Kelemahan dari browser ini adalah banyaknya cracker ganas.

3. UC Browser

UC browser adalah browser yang sering dipakai masyarakat, dan menggeser google chrome menjadi search engine utama. Kelebihan yang dimiliki oleh UC browser dibandingkan dengan browser yang lain adalah kemampuannya mengecilkan data browsing, sehingga bisa menghemat penggunaan data.

Selain itu, UC browser memiliki pengelolaan unduhan yang baik. Browser ini juga mampu mempercepat download. Produk ini tersedia dalam dua versi untuk android, yaitu versi biasa dan versi lite. Versi lite UC browser mengklaim mampu menghemat data hingga 90%.

Kelemahan browser ini adalah tampilannya yang kurang menarik. Jadi, bagi Anda yang menyukai browser dengan tampilan yang menyenangkan, UC browser akan terlihat membosankan.

4. Opera dan Opera Mini

Opera adalah browser yang memiliki opsi bahasa Indonesia pada pilihan bahasanya, dan kosa kata yang digunakan cukup bagus. Opera brower proses loadingnya cepat. Namun, kekurangannya, browser ini tidak bisa melihat page info.

Hal ini bisa mengurangi kenyamanan ketika melakukan browsing. Selain opera browser, opera juga memiliki opera mini. Browser ini resource memory yang digunakan cenderung lebih kecil, sehingga lebih cepat serta ringan dalam menjalankan program.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Browser: Pengertian, Fungsi dan Contoh"

Berlangganan via Email