Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Engagement Rate Instagram Faktor Penting Bagi Para Influencer

Engagement Rate Instagram harus di tingkatkan agar akun instagram semakin sehat dan penjualan semakin laris. 

Menemukan pelanggan baru salah satu kesulitan bagi para tim marketing, untuk itu para pemain marketing mulai melirik instagram sebagai media mereka memperkenalkan barang dagangan mereka dan juga memperkenalkan bisnis mereka juga. 

Dalam pengertian yang sederhana, Engagement Rate adalah komunikasi dua arah. Engagement rate Instagram adalah sebuah angka pengukur interaksi followers dari sebuah akun instagram. 

Bertambahnya followers bukan menjadi patokan sebuah akun instagram tersebut aktif, contoh jika hari ini akun tersebut mendapatkan followers 2 dan besok 4 followers dan terus meningkat.  

Namun followers yang masuk tidak aktif di setiap postingan anda, seperti memberikan like atau komen. Bisa dilihat bahwa penambahan followers tidak akan menaikan jumlah interaksi di setiap postingan. 

Nah disinilah kita akan mengapa mengapa tingkat keterlibatan sebuah akun Instagram menjadi sangat penting. 



mengenal engagement rate instagram
Engagement Rate Instagram

Menghitung engagement rate Instagram

Sampai sejauh ini masih sedikit sekali yang peduli dengan Engagement ini, mereka hanya memperdulikan sedikit jumlah pengikut mereka di Instagram. Sehingga para pemilik akun tidak tahu betapa berharganya angka dari engagement rate sendiri. 

Postingan menjadi salah satu faktor utama engagement rate instagram menjadi bagus. Setiap meng-upload postingan baru pengguna harus mengatur ukuran foto, isi dari postingan dan faktor lainya agar para followers melakukan feedback bagus dan natural. 

Jika postingan (konten) yang kita berikan bagus maka mendapatkan like instagram dan followers gampang, dan followers lebih tertaget. Semua bisa dilakukan. 

Menghitung engagement rate instagram bisa menggunakan rumus dibawah ini: 

[SUKA + KOMENTAR]: PENGIKUT = ENGAGEMENT RATE



Pentingnya Engagement Rate pada Instagram

Fungsinya sangat banyak, dengan melihat kapan pun tingkat keterlibatan maka seorang pemilik akun Instagram akan melihat pengaruh besar akun tersebut terhadap pengikut.  

Jika pengguna tidak ingin repot untuk menghitung angka engagement rate instaram dengan rumus diatas, banyak sekali media yang menyediakan penghitungan engagement rate secara otomatis. 

Setelah pengguna sudah menghitung engagement rate instagram maka pengguna harus tahu pada angka berapa engagement rate tersebut dikatangan bagus dan  jellek. 

Berikut ini adalah standar yang biasa digunakan sehingga hasilnya dapat dibandingkan. 

  • Kurang dari 1% = tingkat keterlibatan rendah 
  • Antara 1% dan 3,5% = rata-rata atau tingkat keterlibatan yang baik 
  • Antara 3,5% dan 6% = tingkat keterlibatan tinggi 
  • Di atas 6% = tingkat keterlibatan yang sangat tinggi 

Perlu diingat, mengagement rate Instagram mempengaruhi interaksi audiens. Seperti misalnya waktu atau timing saat melakukan posting, frekuensi posting, jumlah pengikut, pesan yang disampaikan dalam sebuah konten dan alogaritma Instagram. 

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Mengenal Engagement Rate Instagram Faktor Penting Bagi Para Influencer"

Berlangganan via Email