Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Solusi WA Tidak Bisa Dibuka. Cari Tahu Penyebabnya dan Cari Tahu Solusinya

Beberapa waktu ini banyak sekali masalah gara gara wa tidak bisa dibuka, karna whatsapp sendiri menjadi salah satu sosial media dominan dipakai oleh manusia terutama di indonesia. Seperti menjadi media komunikasi kantor, pribadi atau yang lainya.  

Karna banyak sekali yang menanyakan cara mengatasi wa tidak bisa buka, maka penulis akan merangkum tentang penyebab whatsapp tidak bisa dibuka beserta solusinya.

wa tidak bisa dibuka


Whatsapp tidak bisa dibuka.

Sayangnya whatsapp telah berhenti begitu notifikasi sebelum whatsapp keluar. Keluhan demi keluhan pun bermuncul dampak dari notifikasi tersebut.

Penyebabnya sangat beragam, karna itu cara untuk menangananya juga berbeda. Diantaranya seperti berikut:


Berikut penyebab whatsApp tidak bisa dibuka dan solusinya.

1# Error gara gara cache aplikasi.

Setiap aplikasi pasti memiliki cache aplikasi. Namun pada dasarnya cache aplikasi di peruntukan mempercepat laju aplikasi, agar sistem tidak perlu memuat ulang dari awal melainkan melanjutkan cache yang ada.

Tapi memiliki efect yang tidak bisa dipungkiri, terlalu banyak cache dari sebuah aplikasi membuat aplikasi tersebut semakin sulit untuk menjalankan sistemnya. Sudah biasa terjadi disemua aplikasi terutama aplikasi yang terkoneksi oleh internet.

Whatsapp juga memiliki sistem seperti itu, menggunakan cache untuk mempercepat laju sebuah aplikasi, namun ketika cache terlalu besar maka error yang akan didapatkan.

Cara mengatasinya.

Penghapusan cache dapat dilakukan dengan 2 cara, diantarnya:

  1. Secara manual (satu persatu setiap aplikasi)
  2. Secara otomatis menggunakan aplikasi seperti Phone Cleaner dan lainya. 

Untuk melakukan pembersihan cache secara manual, anda harus melakukan pengecekan setiap aplikasi. Caranya pergi ke menu pengarutaran ---> Meneger Aplikasi ---> Silahakn pilih salah satu aplikasi. Lalu dibagian bawah biasanya ada menu hapus cache. Seperti gambar dibawah:

wa tidak bisa dibuka
Silahkan hapus Cache

NB: Semua gambar diambil dari ponsel OPPO A37.

  • Lakukan disetiap aplikasi. 
  • Lakukan secara teratur dan berkala. 
  • Lakukan secara hati hati

Keunggulan dari cara ini anda dapat meringankan penyimpanan karna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan dan tidak disibukkan dengan notifikai yang menyebalkan. 

Kekurangannya anda harus bekerja ekstara dan teliti, kara kadang ada file cache yang tersembunyi.

Untuk cara yang otomatis tinggial instal aplikasi pembersih ponsel. Tapi umumnya aplikasi pembersi ponsel ini sangatlah berat, untuk ram ponsel yang masih 2 GB masih menemukan sedikit lag saat membua ponsel.

Namun sekarang vendor ponsel seperti samsung, xiaomi dan vendor lainya telah meluncurkan pembersih ponsel sendiri di OSnya, jadi tidak perlu repot untuk hapus sana hapus sini.


 2# Error aplikasi.

Error masalah cache ada error yang memang lagi crash. Tiba tiba ada notifikasi sayangnya whatsapp telah berhenti. Tidak bisa dipungkiri itu sering terjadi pada beberapa pengguna. Meskipun whatsapp yang memiliki ratusan atau sampai ribuan karyawan pasti aplikasinya pernah mengalami seperti itu.

Seperti berkala mengeluarkan pembaruan membuat sistem satu dengan sistem yang lain bertabrakan atau semacamnya. Tapi itu jarang terjadi, cuma sedikit pengguna yang mengalaminya.

Cara Mengatasinya.

Masalah ini tidaklah serius, silahkan anda berhenti paksa atau force close aplikasi whatsapp. Dengan cara :

  • Buka menu pengaturan
  • Pilih maneger aplikasi
  • Lalu pilih aplikasi whatsapp
    wa tidak bisa dibuka
    Pilih aplikasi whatsapp

  • Pilih paksa berhenti.
    wa tidak bisa dibuka
    Paksa berhenti aplikasi

Setelah di berhenti paksa, tunggu beberapa menit dan silahkan buka kembali.


3# Ponsel lag.

Masih sama dengan muncul notifikasi sayangnya whatsapp telah berhenti, Namun masalah yang terjadi dikarenakan ponselnya bukan pada aplikasinya. 

Dengan kapasitas aplikasi whatsapp yang cukup besar, para pengguna yang bermodal ponsel kentang pasti merasakanya. Sering lag (ceket  red: jawa) ketika membuka lalu disusul munculnya notif sayangya whatsapp telah berhenti.

Disini pengguna harus sabar dalam mengatasi ini. (kalau bisa beli ponsel baru hhehehehe)

Cara mengatasinya.

Solusi untuk masalah ini bisa menggunakan 2 cara:

  1. Paksa berhenti aplikasi.
  2. Muat ulang atau Restart ponsel.

Paksa berhenti atau force close sama seperti cara sebelumnya. Paksa berhenti aplikasi lalu buka kembali.

Atau anda dapat memuat ulang ponsel dengan Restart ponsel tunggu sebentar, lalu buka kembali.

Namun kedua cara ini juga dapat digabungkan. Silahkan berhenti paksa aplikasi lalu Restart ponsel anda.


4# Aplikasi yang out of date.

Pihak whatsapp sangat gencar gencarnya membuat pembaruan di aplikasinya. Ketika pengguna tidak melakukan update aplikasi terbaru atau masih menggunakan aplikasi yang lawas, pasti akan menemukan sedikit ataupun banyak error aplikasi. 

Memang whatsapp terlalu sering untuk meminta kita update aplikasi. Tapi jika kita tidak melakukanya maka aplikasi kita akan error seperti keluar sendiri dan lainya.

Cara mengatasinya.

Jika masalah seperti diatas, anda cukup menyisihkan kuota dan meluangkan waktu untuk melakukan update.


5# Masalah jaringan.

Whatsapp dapat mengirimkan pesan atau aktifita lainya didalam aplikasi, membutuhkan koneksi internet. Jika koneksi internet sudah bermasalah, nantinya akan berdampak ke peforma aplikasi. Entah itu keluar sendiri, Lag, Lemot dan lainya. 

Baik buruknya koneksi dapat mempengaruhi aplikasi whatsapp. Apalagi ketika koneksi buruk dan anda tetep membuka whatsapp ditambah grub anda lebih dari 100, otomatis ponsel akan panas.

Cara mengatasinya.

Cari koneksi yang baik, entah itu wifi atau yang lainya.


6# Penyimpanan tidak mencukupi.

Whatsapp adalah salah satu media sosial yang menggunakan penyimpanan ponsel sebagai wadah untuk menyimpan media. Setiap anda melakukan pengiriman pesan, file, foto, video dan lainya. Maka otomatsi file tersebut tersimpan di penyimpanan kita.

Semakin sering kita melakukan aktifitas di whatsaap maka semakin besar pula penyimpanan dipakai oleh aplikasi whatsapp. 

Jadi ketika penyimpanan ponsel hampir penuh, pastinya whatsapp akan lemot dan lag, sampai berhenti sendiri (tanpa disuruh). 

Cara mengatasinya.

Silahkan bersihkan aplikasi dan file file yang tidak berguna. Lakukan berkala secara manual. Karna tidak ada aplikasi pembersih ponsel yang menyediakan fitur seperti itu. 


7# Tidak bisa instal whatsapp.

Banyak masalah terjadi ketika kita bahas whatsapp. Tidak bisa instal aplikasi whatsapp juga menjadi trending bagi para pengguna. 

Tidak bisa instal tersebut memiliki beberapa faktor:

  1. Ponsel tidak suport: tidak semua tipe ponsel dapat menginstal aplikasi whatsapp. Tapi selagi ponsel tersebut masih android, kemungkinan masih bisa.
  2. OS terlalu rendah: pihak whatsapp sendiri telah memberikan peraturan bahwa OS yang dapat menggunakan whatsapp adalah di bawah OS 4.03.0 (Ice Cream Sandwich) peraturan lebih lanjut bisa lihat ke laman whatsapp disini.
  3. Media penyimpanan penuh: ini tidak diperuntukan untuk aplikasi whatsapp saja, melainkan pada semua aplikasi, jika ponsel penuh maka otomatis tidak dapat memasang whatsapp pada ponsel.
  4. Koneksi internet: kalau masalah ini memang harus, bagaimana bisa pasang whatsapp kalau tidak ada koneksi internet.
  5. Playstore error: Tidak jarang playstore error. Tapi terkadang masalah muncul ketika instal aplikasi.

Cara mengatasinya.

Solusi untuk masalah tidak bisa instal tersebut sedikit sulit, penulis akan memberikan solusi dengan urut no masing masing:

  1. Untuk masalah ponsel tidak suport tidak ada cara lain selain membeli ponsel terbaru, namun untuk ponsel yang suport whatsapp tidak terlalu mahal dengan 1 jt anda sudah bisa mendapatkanya.
  2. Masalah OS silahkan update Operasi Sistem anda ke yang terbaru sesuai dengan vendor masing masing. jika vendor tidak lagi meluncurkan OS terbaru, silahkan gunakan custom rom atau semacamnya.
  3. Media penyimpanan yang penuh anda dapat mengecek kembali file mulai dari foto, document, video, musik dan lainya. Hapus file yang tidak terlalu penting. Terutama penyimpanan internet silahkan beri ruang kosong sebanyak banyaknya. Pindah ke penyimpanan Kartu SD.
  4. Masalah koneksi internet cukup satu cari WIFI gratisan.
  5. Playstore error sangat jarang ditemukan, tapi kadang kita juga menemukanya. Silahkan berhenti paksa aplikasi playstore, tunggu beberapa menit lalu buka kembali.


8# WhatsApp down.

Kita perlu mengingat kembali kejadian pemilu tahun 2019. Pemerintah sempat membatasi penggunaan sosial media untuk mengurangi dampak dari penyebaran hoax.

Tapi masalah Whatsapp down sungguh jarang di dapati, tapi ketika ada kasus masalah seperti diatas. Anda dapat menyiasatinya.

Cara mengatasinya

Gunakan VPN.

Dengan menggunakan VPN anda dapat membuka whatsapp dengan IP luar negri.

Namun, ketika di negara tecinta kita republik Indonesia di batasi. Tapi jika server whatsapp down, maka kita tidak bisa apa apa cukup berdoa saja.


Solusi Ampuh Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka.

Pada dasarnya solusi diatas tidak hanya berfungsi di satu masalah saja. Anda dapat mengkolaborasi dan juga mengatasi masalah whatsapp lainya dengan solusi yang sama.

Jika solusi diatas masih tidak ampuh menghadapi masalah whatsapp milik anda. Dibawah ini penulis telah mengurut beberapa solusi mengatasi masalah di whatsapp, silahkan gunakan secara berurutan (dalam artian ketika cara satu tidak bisa mengatasi silahkan lanjut ke cara selanjutnya):

1. Berhenti paksa aplikasi.

  1. Buka menu pengaturan
  2. Pilih maneger aplikasi
  3. Lalu pilih aplikasi whatsapp
  4. Pilih paksa berhenti.
    wa tidak bisa dibuka
    Silahkan Paksa berhenti

Silahkan buka aplikasi, apa masih terjadi masalah. Jika masih bisa lanjut ke cara B.

2. Hapus cache.

Silahkan cek di cara no 1 diatas,disana penulis sudah bahas secara lengkap.

wa tidak bisa dibuka
Silahkan hapus cache

 

3. Muat ulang ponsel.

Jika cara B diatas masih tidak bisa, silahkan muat ulang ponsel anda.


4. Update Aplikasi whatsapp ke yang paling baru.

Aplikasi wa yang tidak bisa dibuka atau tiba tiba keluar sendiri tersebut kadang kadang terkendala sistem didalamnya. Untuk itu para devloper whatsapp terus memberikan update agar crash tersbut tidak terus berkelanjutan.

Untuk itu anda bisa coba update whatsapp anda ke yang versi yang terbaru agar aplikasi semakin cepat dan ringan.

5. Hapus data aplikasi whatapp.

Dan ketika ketiga cara diatas masih tidak bisa mengatasi masalah anda. Berarti whatsapp anda memang crash atau bisa dibilang rusak parah.

Silahkan lakukan hapus data dengan cara: 

  1. Buka menu pengaturan
  2. Pilih maneger aplikasi
  3. Lalu pilih aplikasi whatsapp
  4. Pilih hapus data.
    wa tidak bisa dibuka
    Hapus data aplikasi

Sebelum anda melakukan hapus data, anda perlu tahu bahwa semua chating, file document, foto, video dan lainya akan terhapus.

Anda akan diperintahkan untuk log in kembali ketika melakukan hapus data. harap melakukan backup setelah melakukan reset data.


6. Uninstal lalu instal ulang.

Tidak jauh meda dengan cara D. Cara ini akan membuat data anda terhapus dan harus log in kembali. Jadi anda harus backup data data pentins seperti chat pesan, voice, foto, video dan lainya.

wa tidak bisa dibuka
Uninstal lalu instal ulang


7. Factory reset ponsel.

Dan cara ini benar benar cara final. Namun alangka baiknya anda harus memikirkan dengan cerma dan sekasama. Karna melakukan Factoru reset dapat menghilangkan semua data di ponsel anda.

Hati hati karna itu semua tergantung anda. Saran jika benar benar tidak terlalu bermasalah tidak perlu menggunakan cara satu ini.

Cara melakukan Factory reset:

  • Buka menu Pengaturan
  • Di lanjut bukan Setelan Tambahan
  • Dan buka Buat Cadangan dan Reset 
  • Kemudian tekan Hapus Data Aplikasi

Hati-Hati.
Factory reset dapat menghapus semua data didalam ponsel anda.


Kesimpulan penulis.

Untuk mengatasi error pada aplikasi, cara diatas sangat ampuh. Penulis sudah mendapatkan beberapa kasus yang terjadi di bebereapa device. dan melakukan seperti cara diatas hasilnya hampir semua kasus sudah terselesaikan cuma hapus data. Paling serius paling uninstal.

Yang anda perlu hati hati, ketika anda melakukan penghapusan data harus benar benar terbackup.

Dan pada umumnya cara diatas sudah dapat mengatasi masalah aplikasi whatsapp itu sendiri. Lain halnya jika masalah tersebut berasal dari ponsel di pengguna. 

Sekian dan terimakasih.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "7 Solusi WA Tidak Bisa Dibuka. Cari Tahu Penyebabnya dan Cari Tahu Solusinya"

Berlangganan via Email