Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Foto & Video Instagram Ideal - Profil, Feed, Story, IGTV.

Ketika posting foto di instagram anda tidak boleh ceroboh dalam menentukan ukuran foto. Karna ketika anda posting dengan ukuran yang tidak mengikuti ukuran foto instagram, alhasil foto yang anda upload akan terpotong. Tersebut juga berlaku terhadap video. Alhasil konten kita akan jellek.

Hasil jeri payah anda mulai dari cari angel yang bagus dan editing yang rumit akan terbuah sia sia. 

Untuk itu penulis akan memberikan sebuah penjelasan terkait denga ukuran foto dan video instagram yang ideal. 

Ukuran Foto Instagram

Ukuran Foto Instagram Ideal

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, pengguna instagram semakin hari semakin banyak. Dalam kurun waktu 5 bulan, dimulai dari Januari sampai Mei pengguna aktif instagram di Indonesia mencapai 69,2 Juta.

Sebelum membahas soal ukuran foto instagram, ada dua hal yang harus anda ketahui prihal ukuran foto dan video yang ideal.

  • Ukuran
  • Rasio

Ukuran gambar dihitung dari jumlah piksel yang membentuk lebar dan tinggi foto ataupun video. Perhitungan ukuran foto dan video instagram dua angka yang dimana satu angka pertama mewakili lebar sedangkan angka yang kedua adalah tinggi. 

Seperti contoh 1080x1080 piksel.

Untuk aspek rasio mengacu pada lebar gambar sehubungan dengan tingginya. Contoh 4:5, digit pertama mewakili lebar dan sedangkan digit kedua mewakili tinggi. 

Sayangnya pengguna instagram masih ada yang tidak mengerti tentang ukuran foto instagram. Pengguna tidak berhati hati dalam konten yang mereka upload.

Bukan hanya kreator, selebgram atau pendengung (influencer) yang harus menerapkan ukuran foto dan video pas di instagram. Namun pengguna aktif harus menerapkanya. Agar foto yang mereka upload menjadi bagus.

Bukan hanya desain yang bagus, melainkan penentuan ukuran dari foto sangat berpengaruh terhadap interaksi followers. 

Karna salah satu penunjang desain itu bisa terbilang bagus karna penentuan ukuran dari setiap bagianya, termasuk ukuran dari foto. Semakin menarik postingan yang ada upload, maka tinggi kemungkinan followers, like akan naik. Penulis juga sudah bahas tentang trik menambahkan followers, Yuk disimak

Untuk itu dibawah ini adalah rincian dari ukuran pas foto.


1. Ukuran pas foto profil instagram.

Tidak jauh beda dengan media sosial lain, instagram juga memiliki foto profil. 

Dalam penentuan ukuran dari foto profil tidak ada keterangan pasti. Entah itu persegi atau persegi panjang (seperti foto profil).

Tapi lebih ideal jika anda menggunakan ukuran persegi seperti 110x110 piksel, 180x180 piksel atau 1080x1080. 

Meskipun anda menggunakan foto selfi sebagai foto profil yang memiliki ukuran persegi panjang. Maka hasilnya tetap bagus. Yang paling penting ketika anda upload harus diatur agar pas dengan wajah anda.

Meskipun foto profil instagram tidak dapat diperbesar atau melihatnya secara penuh.


Cara Melihat Foto Profil di Instagram, Mudah, PC dan Ponsel.

Tapi saran dari penulis persegi tetap menjadi ukuran ideal foro profil instagram seperti 1080x1080 piksel.


2. ukuran feed instagram.

Foto yang bagus membuat orang yang melihat ingin berinteraksi entah itu komen, like ataupun share. Pada awalnya ukuran foto yang diijinkan oleh pihak instagram dengan 640x640 piksel jadi dalam bentuk persegi dan memiliki rasio 1:1.

Ukuran Foto Instagram
ukuran foto feed instagram

Pada tahun 2015 instagram memperbarui sistemnya dan memperbolehkan hingga 1080x1080 piksel. Selanjutnya instagram juga memperbolehkan pengguna upload dalam aspek rasio lainya. Seperti foto dengan model persegi panjang entah itu vertikal maupun horizontal.

Berikut ukuran foto yang ideal di instagram, diantaranya:

  • Foto horizontal atau landscape: Untuk model ini idealnya menggunakan rasio 1,91:1, dapat dinaikkan hingga 16:9. Untuk resolusinya yaitu 1080 x 566 piksel, namun dapat memungkinkan hingga ukuran yang lebih kecil seperti 600 x 400 piksel.
  • Foto vertikal atau portrait: Untuk model ini idealnya menggunakan rasio 4:5. untuk resosulinya 1080 x 1350 piksel, sayangnya sistem Instagram akan menampilkannya sebagai gambar berukuran 480 x 600 piksel.
  • Foto persegi: Untuk model ini idelnya menggunakan rasio 1:1 sedangkan untuk resolusinya 1080 x 1080 piksel (Sayangnya sistem Instagram akan mengompresi/memperkecil foto hingga mendekati 600 x 600 piksel waktu ditampilkan, mungkin kedepanya instagram akan membuat sistem baru dengan tanpa mengompres foto).


Ukuran Video Instagram Ideal

Bukan hanya gambar saja yang memiliki ukuran pas. Melainkan video juga memiliki ukuran tersendiri di setiap fitur instagram. Seperti: instastory, feed dan IG Tv.

Dari ketiga fitur tersebut. Instagram membuat ukuran yang berbeda, seperti berikut:

  • Video instagram feed:
    • Video persegi: Untuk jenis ini idealnya menggunakan rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel. Untuk durasi video maksimal cuma 60 detik.
    • Video horizontal atau landscape: Untuk jenis ini idealnya menggunakan rasio antara 1,91:1 dan 16:9 dengan resolusi 1080 x 607 piksel. Sedangkan durasi sama, maksimal 60 detik.
      Ukuran video feed instagram

  • Video IG TV: Fitur ini dapat menerima anukur video landscape dan Potrait. 
    • Video Landscape: Untuk rasio IGTV yang Landscape maksimal 9:6 dan minimumnya 4:5 dengan resolusi 1080x1920. 
    • Video Potrait: Sedangkan yang potrait IGTV memberikan peraturan minimum rasiao 5:4 dan maksimal 16:9 dan rasionya 1920x1080 piksel.
      ukuran foto instagram
      ukuran IG TV

  • Foto sampul IGTV: Jika anda ketahui bahwa IGTV memiliki foto sampul, dan foto sampul ini memiliki ukuran tertentu. Untuk rasio 1:1,55 dengan reolusi 420x654.
  • Instagram Live: Untuk jenis ini pada aslinya tergantung device apa yang dibuat untuk live. Tapi idealnya rasionya 9:6 dengan resolusi 1080x1920.

Upload di instagram tidak bisa asal asalan dibawah ini cara upload video di instagram yang baik:

Cara Upload Video di Instagram Yang Baik. Lewat HP dan PC, Lengkap.

Waktunya Q&A

Bagaimana kalau kita upload foto atau video dengan resolusi tinggi?

Pada tahun sebelum 2015 foto maupun video tidak bisa diupload. Tapi sekarang instagram memperbarui itu semua. 

Meskipun anda upload foto atau video melebihi ukuran yang ditentukan maka sistem instagram akan menyesuaikan.

Contoh: Anda upload video atau foto ukuran 3000x3000 piksel, maka otomatis sitem instagram akan menurunkan atau mengompres ke ukuran standard yaitu 1080 x 1080 piksal.

Namun ketika anda upload ukuran foto 300 x x 300 piksel, maka sistem akan membesarkan ke ukuran standart yakni 1080 x 1080, alhasil foto akan pecah.


Kalau upload foto ukuran persegi panjang engan ukuran melebihi ukuran pas?

Terpotong. Bukan hanya pada ukuran persegi panjang, jika tidak sesuai dengan rasio yang sudah ditetapkan, foto akan terpotong.


Foto yang diupload Jadi pecah?

Seperti penulis jelaskan diatas, foto yang pecah gara gara foto terlalu kecil maka sistem instagram. Atau sistem hemat data anda aktif.


Kesimpulan penulis

Perlu di tegaskan kembali bahwa untuk ukuran foto dan video harus di teliti sebelum anda upload. Peraturan ini bukan ditujukan kepada para kreator, selebgram atau pendengung (influencer) saja, melainkan untuk semua pengguna instagram, agar foto yang diupload menjadi berkualitas.

Sekian dan terima kasih.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Ukuran Foto & Video Instagram Ideal - Profil, Feed, Story, IGTV."

Berlangganan via Email