Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Channel dan Grup Di Telegram, Yang jarang di ketahui.

Perbedaan Channel dan Grup Di Telegram |  Jika anda pengguna Telegram pasti anda tidak asing dengan fitur channel dan grup.

Tapi apakah anda tahu perbedaan keduanya? Penasaran langsung aja.

Perbedaan Channel dan Grup Di Telegram

Perbedaan Channel dan Grup Di Telegram

Setelah WhatsApp menjadi aplikasi chating wajib bagi para pengguna Smartphone.

Muncul Telegram sebagai pesaing WA. Pengguna yang tidak puas dengan fitur WhatsApp mulai berpaling menggunakan Telegram.

Karna fitur yang di berikan telegram sangat bagus. Sesui dengan permintaan para pengguna internet pada saat ini.

Salah satu dari fitur Telegram yang sangat bagus adalah, batasan anggota dari grup sangat banyak. Jadi untuk menampung anggota dalam jumlah banyak dalam satu grup tidak kesulitan kembali.

Didalam telegram ada dua fitur yang tidak jauh beda dan hampir mirip.

  • Ada Channel
  • Ada Grup

Kedua fitur ini sama sama mengumpulkan orang orang dalam satu tempat. Tapi kedua fitur ini memiliki beberapa perbedaan yang harus ketahui.

Sebelum membahas tentang perbedaan mari kita harus melihat kelebihan dari grup dan channel telegram ini.

Kelebihan Grup telegram.

Grup telegram adalah salah satu fitur dari telegram yang dapat mengumpulkan banyak orang didalam satu tepat, agar berdiskusi semakin menarik.

Fitur yang dijanjikan sangat bagus, tidak kalah dengan aplikasi chating lainya. dibawah ini kelebihan dari Grup telegram.

  1. Menampung 200.000 anggota: jarang sekali sebuah sosial media yang dapat menampung anggota sampai sebanyak itu. Contoh kecil grup dari sosial media sebelah yang memiliki batasan cukup kecil dalam anggota grup. Sehingga tidak perlu membuat grup baru gara gara grup penuh.
  2. Bisa Kirim File Asli atau Dikompres: Tidak ada kata gampar pecah dan video menjadi buram. Karna jika anda mengirim file ke grup tidak akan dikompres.
  3. Mengundang anggota lebih mudah: Anda dapat mengundang anggota lebih mudah dengan dua cara:
    1. Manuali dilakukan oleh admin.
    2. Menggunakan Link.

Kelebihan Channel Telegram

Anda dapat siaran menggunakan chat sepuasanya di baca oleh banyak orang ditelegram. Bukan hanya teks anda dapat membagikan video yang bagus dan berkualitas untuk subscribe anda. berikut kelebihan dari channel telegram yang harus anda ketahui:
  1. Tidak Terbatas Anggota: untuk channel telegram anda tidak dibatasi oleh anggota. Seberapa banyak subscibe anda ingin bergabung tidak masalah.
  2. Dapat mengirim file Asli: Anda dapat mengirim file asli tidak di compres. Jadi tidak ada kata pecah dan blur

Setelah membahas kelebihan dari keduanya, sekarang kembali topik utama dari artikel ini.

Perbedaan Channel dan Grup Di Telegram, Yang jarang di ketahui.

Perbedaan Channel dan Grup Di Telegram
Perbedaan tampilan

Untuk tampilan UI tidak jauh beda, di dalam grup anda dapat melihat siapa saja yang masuk menjadi audiens didalamnya, dan melihat apakah orang tersebut online apa tidak. sedangkan untuk channel anda tidak dapat melihat para audiens lainya.

Perbedaan kedua fitur ini sangat banyak dan ada juga kesamaan kedua yang membuat pengguna awam bingung untuk membedakanya, dibawah ini rincinan perbedaan dari kedua fitur ini:

1. Beda Fungsi

Kedua fitur ini memiliki perbedaan dalam fungsi. Untuk grup memiliki fungsi untuk mengumpulkan banyak orang untuk berkomunikasi dan berdiskui. dengan kata lain semua anggota dapat mengirim teks di grup.

Channel telegram tempat untuk siaran kepada pelanggan. Jadi hanya admin saja yang dapat mengirim teks dan media lainya.

2. Interaksi yang berbeda.

Grup telegaram memperbolehkan untuk semua anggota untuk berkomunikasi dengan anggota lainya, entah dengan cara mengirim teks ataupun media lainya. jadi terjadilah diskusi. sehingga interaksi antara admin dan anggota terjalin.
Anggota julukan untuk  audiens dalam grup telegram.
Pelanggan julukan untuk audiens dalam channel telegram.
Sedangkan untuk channel interaksi cuma satu arah. Hanya admin yang bisa mengirim teks dan media lainya yang disebut siaran. Para pelanggan tidak dapat mengirim teks atau media lainya didalam channel.

3.Batasan Anggota.

Channel telegram tidak memiliki batasan untuk pelanggan didalam 1 channel. Sehingga seseorang dapat bergabung dalam satu forum sebanyak banyaknya. Ada yang sudah membuktikan hinga 300 ribu anggota dapat masuk menjadi pelangga dalam 1 channel.

Sedangkan untuk grup membatasi 200 ribu anggota saja. Jadi tidak perlu membuat grup part 1 dan seterusnya. Tapi untuk batasan seperti itu, admin grup sudah kualahan menanggapinya.

4. Urutan Pembuatan

Urutan dalam pembuatan grup harus memilih anggota terlebih dahulu dan dilanjutkan untuk memberi nama grup, foto dan jadi.

Sedangkan untuk channel hal pertama dilakukan adalah membuat nama, diskripsi channel lalu Hak akses apakah public atau private.Untuk mengundang anggota menggunakan link.


Kesimpulan Penulis.

Sebelum memilih anda harus rinci keperlu anda karna kedua fitur ini memiliki perbedaan yang cukup banyak.

Jika di tanya lebih baik pilih yang mana, penulis akan menyarakan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Bukan yang mana yang bagus melainkan yang sesuai kebutuhan saja.

Sekian untuk perbedaan channel dan grup telegram semoga bermanfaat dan terimakasih

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Channel dan Grup Di Telegram, Yang jarang di ketahui."

Berlangganan via Email