Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Terbukti Membayar

Cara menghasilkan uang dari Facebook | Facebook adalah salah satu dari primadona media sosial di Indonesia. 

Dilansir daei CNBC indonesia, statistik pengunaan media sosial ini pada kuartal 1-2019 mencapai 2,38 miliyar. Bukan angka yang kecil.


Indonesia sendiri no 4 global pengguna terbanyak. penguna media sosial Facebook ini sebesar 120 juta pengguna. Dengan india sebagai no 1 pengguna terbanyak, sebesar 260 juta pengguna.

Ternyata Facebook tidak mau diam, mereka membuat platform nya sebagai ladang uang bagi para kreator kreatif.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Sejak dulu Facebook sudah menjadi ladang uang untuk para penggunanya. Bukan Facebook sendiri membayar, melainkan Facebook dijadikan pasar untuk jualan. Seperti grub jual beli, fans page jual beli dll.
 
Pada tahun 2015 Facebook melakuakn uji coba sebuah fitur "local Market" yang sebagai cikal bakal keluarnya Marketplace, seperempat pengguna aktif Facebook menggunakan fitur ini. Lalu pada tahun 2016 Facebook mengeluarkan fitur shop. Tapi hanya diperuntukkan pada fanspage saja.

Respon fitur ini sangat pesat, lalu Facebook meluncurkan fitur Marketplace. Dengan fitur Marketplace ini akun biasa dapat berbelanja dengan gampangnya, dan Facebook memberikan fitur lengkap pada Marketplace sendiri, seperti terintegritas dengan messenger dan fitur lainya, sehingga jualan menjadi semakin mudah.

Tapi bukan hanya dengan berjualan diMarketplace saja kita dapat uang. Melainkan Facebook sekarang memberikan peluang besar kepada kreator kreatif.
Untuk itu mari kita bahas satu persatu, fitur yang bagaimana kah, yang bisa menghasilkan uang untuk kita di Facebook.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Intans article

Cara Menghasilkan uang dari Facebook melalui Instant Articles.


Instant Articles salah satu fitur Facebook, yang mana dapat menerbitkan sebuah artikel secara langsung ketika dibuka di App. Kecepatan dari Instant Article cukup tinggi hingga 10 lebih cepat dibandingkan membuka situs di browser mobile pada umumnya.

Untuk artikel yang sudah di terbitkan oleh Facebook menjadi Instant Articles ini akan memiliki tanda petir pada pojok kanan atas. Ketika kalian ingin  membuka artikel tersebut maka kalian akan menemukan kecepatan buka yang super cepat, tanpa harus membuka browser pada ponsel kalian. Perlu dipertegas kembali, bahwa ini hanya dibuka dengan aplikasi facebook (bukan lite).

Setelah kita membahas panjang lebar, mari kita akan membahas tentang iklan yang akan memasang di Instant Article. Audience Network namanya, fitur dari Facebook yang membuat pengiklan dapat mengiklankan produknya yang mana nanti akan ditampilkan produk tersebut pada system facebook yang bekerja sama dnegan Audience Network. 

Pada umumnya iklan akan muncul pada Android dan IOS. Untuk para kreator mungkin ini menjadi kuntungan. Jika kalian sudah mempublis satu artikel maka kalian akan ditunggu jutaan pengguna aktif Facebook. Dengan pasar yang besar, peluangpun besar.

Daftar Instant Article menggunakan Blogger.


Bukan hanya Wordpress saja yang dapat menggunakan fitur ini, melainkan blogger atau biasanya disebut blogspot juga dapat menikmati fitur ini.

Bukan hanya situs yang ber TLD (Top Level Domain) tapi kalian para pengguna subdomain juga dapat menggunakanya. Tapi agak sedikit ribet heheh.

Dan yang kawatir tentang feed wajib full apa tidak. Kalian bisa atur feed tersebut menjadi full maupun tidak, sama sama bisa. Melainkan prosesnya agak ribet.

Yang terpenting kalian harus mempunyai Fanspage, nantinya Fanspage tersebut digunakan untuk menampilkan Instant Article tersebut.

Untuk secara teknis dan tutorial dimulai dari daftar dan proses setting pada fanspage, kami akan jelaskan pada artikel bawah ini:

Cara Daftar Instant Article Melalui Blogger tanpa ribet ( Dalam proses Pengerjaan)

Pengalaman penulis.

Pada akhir 2018 penulis pernah mencoba untuk menyelami Instant article. Penulis memulai dengan blog berplatform Blogger/blogspot, karna tergiur dengan uang gaib ( uang tak kasat mata).

Alih alih mencoba terus mencoba. Kesulitan terbesar adalah, ketika harus menulis ulang artikel pada fanspage Instant Article tersebut.

Singkatnya setelah artikel dipublikasikan di blog, maka anda harus mempublikasikan lagi di Fanspage Instant Article, dengan penambahan script yang cukup ribet. 

Karna untuk blogspot jika ingin otomatis maka Feed blog harus full. 

Penulis anggap itu bunuh diri, memperbolehkan para Copaser ( orang tukang copas artikel) seenaknya menyuri konten kita.

Tidak sampai puluhan artikel penulis sudah berhenti (cupu sekali ya). Meskipun penulis tidak menyelami secara mendalam untuk artikel ini berasal dari refrensi yang sangat dipercaya.

Daftar Instant Article Melalui Wordpress.


Untuk pendaftaran melalui wordpress.org  self-hosting cukup mudah, beda jauh jika kalian menggunakan blogger/ blogspot yang harus menmbahkan script ini dan itu.

Jika di wordpress.org/ self- hosting kalian akan diperkenalkan dengan plug-in yang ajaib. Yang bernama "instant article for wp". Cukup dengan setting kesana kemari kalian langsung dapat melihat artikel kalian aktif.

Untuk secara teknis dan tutorial kami akan bahas di artikel bawah ini:

Cara membuat Instant articel menggunakan Wordpress ( dalam proses pengerjaan)

Bagaimana jika instans article dipasang adsense?


Untuk menanggapi pertanyaan tersebut, anda harus memahami kebijakan dua platform ini. 

Namun secara teknis memasang kode Adsense itu mungkin saja, tapi tidak bisa berhenti dari situ. Kebijakan kedua belah pihak harus kita lihat.

Ternyata kedua belah pihak tidak memperbolehkannya. Mengapa?

Dari Facebook peraturannya sendiri banyak sekali, tapi ada salah satu peraturan yang menyebutkan bahwa instans article tidak bisa dipasang iklan dari pihak ketiga. Nah Adsense sendiri adalah ad network penyedia dari iklan iklan orang lain. 

Dari google Adsense sendiri ada peraturan tidak boleh menggunakan kode iframe untuk menampilkan iklannya. Sedangkan iklan dari Audience Network menggunakan kode iframe untuk menampilkan iklan.

Bisa disimpulkan bahwa kedua belah pihak tidak memperbolehkannya. So untuk itu anda jangan sekali kali untuk menempatkanya ya.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Watch

Cara Menghasilkan uang dari Facebook dengan upload video.


Video di Facebook pada saat ini sudah memiliki tempat sendiri yang bernama " Facebook Watch" tidak jauh beda dengan tetangga sebelah (YouTube) didalam Facebook Watch kalian dapat melihat bermacam jenis video. 

Facebook Watch di rilis pada 10 Agustus 2017 tapi hanya bisa diakses pengguna di Amerika serikat saja. Setelah 19 hari kemudian, Facebook Watch di rilis untuk global, jadi di Indonesia dapat melihatnya. 

Setahun berlalu Facebook Watch semakin pesat. Menurut data ada 75 pengguna perharinya yang mengakses platform ini. YouTube masih kalah karna dalam setiap harinya hanya 63 juta pengguna mengaksesnya. Tapi Facebook Watch kalah dalam jumlah durasi, jika Facebook Watch memiliki rata rata melihat beberapa menit. Tapi untuk YouTube memiliki rata rata menonton 40 menit. 

Disebabkan banyak sekali kreator kreatif yang berkontribusi membuat konten di YouTube. Jika Facebook Bagaimana?

Kreator YouTube banyak sekali, ada juga yang memiliki subscribe hingga ratusan juta, sehingga mereka terus berkunjung dan terus berkunjung. Tujuan para kreator untuk mendapatkan view, semakin banyak view maka semakin banyak mereka mendapatkan uang dari Adsense. 

Mungkin Facebook gerah melihat kemajuan pesat YouTube. Lalu mereka meluncurkan Facebook Watch yang dapat di monetisasi. 

Untuk dapat uang dari video, kalian harus menempatkan iklan di video kalian. Atau bisanya disebut Ad Break. Mirip google Adsense for YouTube.

Dilihat dari namanya adalah Ad Break atau jeda iklan, memasang iklan di tengah tengah video kalian. 

Untuk video yang dapat dipasang Ad Break tersebut harus di upload pada Fanspage bukan di akun biasa maupun di Marketplace.
 
Jika di YouTube persyaratan harus 1000 subscribe dan 4000 jam penayangan dalam satu tahun. Untuk persyaratan dari Ad Break cukup sulit, diantaranya:

  1. Pertama anda harus memiliki Fanspage, karna video yang dapat di monetisasi hanya berasal Fanspage bukan dari akun biasa.
  2. harus memiliki pengikut 1000 jika kolaborasi bermerek. 10.000 jika ingin monetisasi menggunakan Ad Break.
  3. Dalam 60 hari semua video di Fanspage anda mencakup 15.000 jangkauan.
  4. Dalam 60 hari video anda harus di tonton sebanyak 180.000 menit.
  5. Dalam 60 hari juga ada sebanyak 30.000 dengan durasi tonton 1 menit pada video yang berdurasi 3 menit atau lebih.
  6. Fanspage harus memenuhi kebijakan Facebook. Biasanya ini masalah konten, yang pasti jangan upload video yang berbau sara, kekerasan, seks, judi dan lainya.

Untuk memonetisasi sebuah Fanspage, Facebook sendiri memberikan 2 tahap. Ketika anda telah memasuki followers 1000, fitur kolaborasi bermerek kalian aktif. Iklan ini bisa menghasilkan uang, jika ada seseorang (pengiklan) yang tertarik memasang iklan pada salah satu video kalian. 

Ketika followers mencapai 10.000 baru Ad Break bisa aktif. Untuk iklan kolaborasi bermerek sendiri jarang yang dapat, tapi untuk iklan yang Ad Break banyak orang yang mendapatkan uangnya.

Cara mendapatkan uang dari Facebook
Contoh fanspage yang sudah memenuhi syarat


Banyak sekali para pemain Ad Break pada saat ini, ketika fb ads to adsense banyak yang kewalahan dengan peraturan Google, mereka pindah ke Ad Break.

Tapi penulis sayangkan banyak sekali konten yang meng upload ulang dari YouTube. Soalnya para kreator YouTube membuat dengan susah payah. Tapi banyak juga yang upload dengan konten original.

Kesimpulan Penulis.

Untuk mendapatkan uang dari Facebook tidak jauh beda dengan anda membuka usaha. Kalian harus mengetahui sampai seluk beluknya. 
Peminat konten kita ingin apa, kita harus membuat dengan kreatifitas yang tinggi, hingga menghasilkan konten yang berkualitas. 

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Terbukti Membayar"

Berlangganan via Email