Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar pajak motor di indomaret Mudah pakek banget dan Murah.


Bayar pajak motor di indomaret | pemerintah mulai meluncurkan kebijakan kebijakan untuk memberantas pungli (pungutan liar) contoh kecilnya adalah pembayaran pajak tahunan motor.

Tanpa harus repot repot mengantri di kantor samsat, sampai lama lama. Kalian bisa membayar pajak tersebut ke indomaret terdekat.


Cara Bayar pajak motor di indomaret

Cara bayar pajak motor di indomaret.

Dengan sistem pembayaran seperti ini saya selaku rakyat indonesia sangat tebantu sekali, menghemat waktu dan tenaga saya. Untuk caranya cukup mudah, jika diperincikan sebagai berikut:

  1. Datanglah ke indomaret terdekat.
  2. bawa ktp (pada dasarnya tidak semua indomaret meminta ktp tapi penulis sarankan bawa ktp pemilik dari STNK tersebut), bawa STNK dan uang.
  3. Berikan STNK beserta ktp.
  4. Maka petugas akan mengecek stnk anda, dan memprosesnya. Biasanya kalian harus mengisi sendiri mulai data seperti no polisi (no plat), no mesin dan no telephon aktif anda. Tapi ada juga indomaret yang kasirnya membantu kita untuk mengisi data tersebut.
  5. Tunggu mereka memporses.( pada biasanya petugas mevalidasi kembali tentang data diri waktu memproses)
  6. Maka kalian akan di berikan tagihan, dan silahkan membayar.
  7. Kalian akan mendapatkan struk pembayaran, silahkan cek, karna di dalam struk tersebut tertera Nomor bukti pembayaran, No Polisi, Nama pemilik, Jenis, tipe dan warna kendaraan serta detail tagihannya.
    Bayar pajak motor di indomaret
    Struk pembayaran
  8. Setelah beberapa waktu maka kalian akan mendapatkan SMS dari SAMSAT, yang berisikan pengesahan tentang pembayaran anda. Pada sms tersebut kalian akan mendapatkan ID-transaksi, tanggal pelunasan, ID Pengesahan dan tautan (Link) untuk mendapatkan gambar  E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran elektronik) dengan format file PNG. silahkan cetak gambar tersebut deh.

Mungkin dari beberapa orang masih bingung tentang pembayaran pajak via indomaret, dibawah ini sedikit peratanyaan yang mungkin membantu keluh kesah anda.

Bukti pembayaran STNK itu bagaimana?

Seperti yang kami sebut diatas, beberapa saat setelah kalian menyelesaikan pembayaran maka otomatis mendapatkan sms, didalam sms tersebut ID-transaksi, tanggal pelunasan, ID Pengesahan dan tautan (Link) untuk mendapatkan gambar  E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran elektronik) dengan format file PNG.

Bayar pajak motor di indomaret
SMS setelah pembayaran


Apasih E-TBPKP dan E-STNK itu?

Nah E-TBPKP adalah Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran elektronik juga bisa di sebut E-STNK. Jika kalian membayar pajak via indomaret maka kalian tidak akan mendapatkan bukti pembayaran barupa surat seperti dari kantor samsat. 

Melainkan klian akan mendapatkan E-TBPKP dan E-STNK yang berupa gambar.

Bayar pajak motor di indomaret
E-TBPKP dan E-STNK


E-TBPKP dan E-STNK apa harus di cetak?

Setelah kalain paham tentang E-TBPKP dan E-STNK maka pertanyaan selanjutnya apakah harus di cekta? 

Untuk keharusan mencetak tidak diwajibkan asalkan kalian menyimpan gambar tersebut jangan sampai hilang.

Tapi untuk kalian yang memiliki printer atau meluangkan waktu untuk ke tempat print untuk menyetak E-TBPKP dan E-STNK tersebut apa salahnya agar lebih enak.

Bagaimana jika ada pemeriksaan surat kendaraan?

Nah untuk kalian yang sudah print silahkan tunjuk hasil print kalian tersebut. 

Untuk kalain yang tidak memiliki print dari E-TBPKP dan E-STNK maka tunjukkan gambar dari E-TBPKP dan E-STNK kepada bapak polisi untuk mengecek, karna pada setiap surat tersebut memiliki QR Code yang bisa di scan semaunya.

Tapi semisal jika bapak polisi tidak percaya, silahkan suruh bapak polisi tersebut mengecek ke aplikasi resmi SAMSAT ONLINE. 

Dengan proses yang gampang seperti ini maka calo akan semakin tidak berkutik lagi, semoga indonesia semakin maju dan sejahtera untuk kita semua.
Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Cara Bayar pajak motor di indomaret Mudah pakek banget dan Murah."

Berlangganan via Email