Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tehnik Membaca Cepat bagus untuk Mengasah kemampuan membaca Lebih baik

Tehnik membaca cepat : Buku adalah jendela dunia, begitulah kata pepatah, banyak generasi mudah yang sekarang enggan untuk membaca buku. Asal kalian tahu dengan membaca membuat kita bodoh, karna semakin sering kita membaca, bahwa ilmu itu luas sekali, bukan hanya buk yang kita baca saja, melainkan masih banyak sekali, di bawah ini kami akan jelaskan bagaimaan mengasah kemampuan memabaca, dengan tehnik tehnik membaca yang sangat efektif.


Mengasah Kemampuan Membaca 

Ungkapan yang mengatakan untuk melihat dunia bisa dilakukan dengan membaca memang benar adanya. Seseorang rajin membaca akan tahu banyak hal. Semakin banyak seseorang membaca, tentu akan semakin banyak pengetahuannya. 

Pertanyaannya adalah bagaimana cara membaca yang efektif? Secara umum dalam bahasa Indonesia dikenal ada tiga teknik dasar membaca, yakni previewing, skimming, dan scanning. 

Untuk melihat dunia bisa dilakukan dengan membaca

Tehnik Membaca Cepat

1# Tehnik Previewing

Teknik previewing merupakan langkah untuk mengetahui gambaran isi secara umum suatu buku atau bahan bacaan lainnya. Ha| yang bisa dilakukan untuk menerapkan teknik ini dalam buku sangatlah mudah. Anda baca dahulu judul buku yang kemudian dilanjutkan dengan melihat subsub tema melalui daftar isi. Dari daftar isi itu akan diketahui gambaran secara menyeluruh isi buku.

Teknik previewing akan sangat membantu ketika Anda membeli buku atau mencari buku di perpustakaan Teknik previewing juga menganjurkan pembaca untuk melihat siapa pengarangnya. Kenapa demikian? Pengarang akan sangat menentukan kredibelitas tulisan. Seandainya Anda tidak mengetahui siapa penulis tersebut. Anda bisa melihat biografi penulis di bagian belakang buku. 

Dengan melihat perjalanan hidupnya, prestasinya, atau karya yang sudah ditorehkannya Anda akan semakin mantap untuk membeli buku atau tidak. Seandainya biografi belum membuat Anda mantap, lihatlah penerbitnya. Penerbit yang besar, biasanya akan lebih selektif dalam menerbitkan karya. Hal ini yang bisa Anda jadikan alasan untuk memilih buku yang diterbitkan oleh penerbit-penerbit besar, seperti Gramedia, Erlangga, Diva Press, dll. Teknik yang melihat gambaran isi buku secara umum tersebut juga dikenal dengan teknik membaca sekilas

Tehnik membaca cepat

2# Teknik Skimming

Sementara itu, teknik skimming merupakan teknik membaca dengan menemukan ide pokok setiap paragraf. Ini biasa diterapkan oleh seseorang yang ingin mengetahui seluk beluk isi buku tanpa harus membaca secara keseluruhan. Teknik ini lebih memakan waktu dibandingkan teknik previewing, namun tentu pemahaman terhadap isi buku lebih mendalam. 

Teknik skimming bisa diterapkan dengan membaca bagian awal dan akhir setiap paragraf. Ini dilakukan karena pada umumnya kalimat utama dalam suatu paragraf ada di awal atau akhir. Dalam kalimat utama itulah ide pokok berada. Dengan kata lain, inti dari paragraf yang Anda temukan itu ada dalam kalimat utama. 

Di antara semua teknik, teknik skimming paling sering digunakan. Teknik ini juga sangat tepat diterapkan ketika Anda menghadapi ujian yang menuntutnya untuk memahami bacaan panjang, sedangkan waktunya sangat terbatas. Teknik skimming memungkinkan Anda untuk menguasai informasi yang cukup detail dalam waktu yang tidak terlalu lama. Teknik ini sering disebut teknik yang ideal. 

Tehnik membaca cepat

3# Teknik Scanning

Di sisi lain, teknik yang terakhir adalah teknik scanning. Teknik scanning merupakan teknik untuk mencari materi pokok tertentu atau kata tertentu dalam sebuah bacaan. Teknik ini diterapkan dengan cara mencari langsung ke indeks atau bagian halaman tertentu. Selain itu, Anda boleh 

Juga Langsung mencari sub-sub judul dalam bahan bacaann untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Teknik ini Tidak memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran isi secara menyeluruh. Teknik ini hanya digunakan jika Anda ingin mengetahui bagian tertentu saja dalam sebuah bahan bacaan 

Dalam bahasa Indonesia ada juga istilah membaca cermat. Membaca cermat memiliki keakuratan tinggi. Selain waktu yang sangat menyits, membaca cermat juga butuh tingkat kefokusan luar biasa. Membaca cermat lurus dilakukan dengan membaca dari kata per kau. Selain in, membaca cermat bisa dikatakan seperti setengah mengintai isi bacaan tersebut terutama bagian-bagian penting, Membaca cermat ini penting dilakukan dalam proses mempelajari ilmu ilmu sosial. 

Membaca cermat berbanding terbalik dengan membaca cepat. Membaca cepat memiliki cara berbeda  dengan membaca cermat. Saat Anda membaca cepat, Anda tidak boleh bersuara, tidak boleh membaca kata perkata dan mata harus bergerak vertikal. 

Membaca cepat tentu tidak memiliki keakuratan yang bagus. Namun demikian, jika Anda rajin berlatih, keakuratan yang lebih baik tentu akan Anda dapat dalam membaca cepat ini.
Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "3 Tehnik Membaca Cepat bagus untuk Mengasah kemampuan membaca Lebih baik"

Berlangganan via Email