Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Kemampuan Menyimak

Kemampuan berbahasa seseorang diawali dari kemampuan menyimak. Kemampuan ini mulai terasah sejak ia lahir dan belum mampu membuka mata. Dari menyimak ia lantas dapat berbicara. Setelah dapat berbicara. kemampuan yang bisa didapat adalah kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Hal itulah yang menjadi urutan normal seorang manusia. Namun demikian, berdasarkan urutan itu tidak lantas bisa ditarik kesimpulan bahwa ada kemampuan berbahasa yang lebih istimewa dibanding kemampuan berbahasa yang lain.

Meningkatkan Kemampuan Menyimak

Pada perkembangannya semua kemampuan berbahasa: adalah satu kesatuan yang saling mendukung. Satu kemampuan akan sangat mempengaruhi kemampuan yang lain. Hal inilah yang harus dipahami bahwasanya setiap kemampuan berbahasa perlu dilatih agar benar-benar dikuasai. Kemampuan berbahasa, yakni menyimak. berbicara. membaca, dan menulis.

Meningkatkan Kemampuan Menyimak


Kemampuan menyimak dalam bahasa Indonesia terkesan kurang diperhitungkan. Menyimak seakan-akan kalah tenar dengan kemampuan menulis dan berbicara. Pada kenyataannya, menyimak memiliki manfaat yang tidak kalah penting dari kemampuan berbahasa lainnya. Kebanyakan orang berpikir menyimak tidak berbeda dengan mendengarkan. Hal ini tentu tidak benar. Kemampuan menyimak melebihi dari itu semua. Selain mendengarkan menyimak juga menuntut untuk memahami apa yang kita dengar.

Kemampuan menyimak sangat erat dengan kemampuan membaca dan menulis. Orang yang terbiasa membaca memiliki perbendaharaan pengalaman dalam pikirannya. lni akan sangat membantu orang tersebut saat menyimak untuk memahami apa yang ia dengar.

Kemampuan menyimak sangat mengandalkan indera pendengaran. daya tangkap otak, dan daya ingat otak. Dengan begitu, ada baiknya Anda menyiasati keterbatasan menyimak Anda dengan langkah lain. Anda bisa mencatat hal-hal yang dianggap penting. Dengan begitu, memori ingatan akan terbantu untuk mengingat kembali.

Agar menjadi penyimak yang bagus, mulailah belajar menata diri untuk fokus dan mencermati setiap apa yang didengar. Belajarlah diam ketika ada pihak lain yang berbicara. Jika dalam kondisi lelah, Anda masih bisa menjadi penyimak yang bagus dengan memanfaatkan perekam suara. Lebih-lebih, saat ini merekam suara bukanlah hal yang sulit dilakukan karena kemajuan teknologi. Ini akan membantu ketika Anda mengumpulkan data penelitian atau saat Anda mengikuti kuliah atau sekolah. Seandainya Anda akan memaksakan menyimak dalam kondisi lelah, pada umumnya konsentrasi akan sulit didapat. Hal itu berimplikasi pada keakuratan hasil penyimakan.

Meningkatkan Kemampuan Menyimak

1# Hambatan dalam Menyimak 

Banyak hal yang dapat menghambat proses penyimakan Anda. Daya konsentrasi yang Anda miliki akan sangat menentukan dalam proses menyimak. Konsentrasi tidak akan datang sendiri. Konsentrasi butuh dilatih. Jika Anda berpikir bahwa apa yang Anda dengar bukanlah hal penting, itu secara otomatis akan menutup konsentrasi Anda. Anda pasti berpikir untuk segera menyudahi proses menyimak tersebut. Dengan begitu, fokus Anda mulai memudar.

Anda adalah orang yang paling tahu dengan kondisi Fisik Anda. Apakah Anda termasuk orang yang memiliki pendengaran baik atau tidak, Andalah yang paling paham. Anda harus ingat bahwa indera yang paling berperan dalam proses menyimak adalah telinga. Jika telinga Anda, kurang peka terhadap suara yang pelan sebaiknya Anda mendekat pada sumber suara. Namun demikian, apabila sumber suara berasal dari manusia yang menuturkan secara langsung, Anda akan sangat terbantu jika Anda mau memperhatikan gerakan mulut si pembicara.

Di pihak lain, suasana yang tidak kondusif juga sangat berpengaruh pada kegiatan menyimak Anda. Ini terjadi karena fokus Anda bisa bercabang. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya Anda benar-henar harus ekstra untuk berusaha fokus. Ketika Anda tidak fokus, daya ingat Anda juga tidak akan maksimal. Oleh sebab itu, penting untuk mencatat hal - hal yang sekiranya Anda butuhkan.

Menyimak juga membutuhkan kesabaran. Ini penting untuk membangun konsentrasi Anda. Apa pun yang Anda dengar saat menyimak janganlah Anda komentari walaupun hanya dalam pikiran atau dalam hati. Saat Anda menyimak, Anda adalah pihak pasif yang harus menerima apa yang pihak lain katakan.

Meningkatkan Kemampuan Menyimak

2# Meningkatkan Kemampuan Menyimak 

Anda harus mengerti bahwa setiap keahlian butuh perjuangan. Artinya, hal itu juga berlaku dalam meningkatkan kemampuan menyimak. Penyimak yang cerdas tahu bagian mana saja yang harus ia ingat dan bagian mana saja yang bisa ia lewatkan. ia bisa memilih dan memilah sesuai dengan kebutuhannya. Namun demikian, untuk bisa memilih dan memilah tentu bukanlah hal yang mudah. Daya kuat ingatan sangat menentukan.

Daya ingat seseorang memang bisa dikatakan berbeda-beda. Hanya saja setiap orang bisa melatihnya.

Latihan menyimak dapat dilakukan dengan mendengarkan wacana sederhana seperti cerita atau berita. Selanjutnya, langkah yang dilakukan adalah mengungkapkan kembali apa yang sudah didengar. Untuk pemula, masih diperbolehkan mengungkapkan isi wacana secara tidak sistematis. Akan tetapi, bagi yang sudah sering latihan harus mampu mengungkapkan isi wacana secara runtut dan sistematis. Dalam proses latihan, buatlah catatan-catatan penting berupa kalimat sederhana. Ini akan membantu proses mengembalikan ingatan Anda.
Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Meningkatkan Kemampuan Menyimak"

Berlangganan via Email