Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Pendorong Perubahan Sosial (mudah dipahami)

Faktor pendorong Perubahan Sosial || kata "sosial" berasal dari bahasa latin "soci" yang memiliki arti sekutu. kata sosial sendiri sangat erat hubunganya dengan kehidupan dalam bermasyarakat. kita sedikit contohnya dalam kehidupan sehari hari, jika ada orang yang memiliki empati terhadap orang lain maka dia memiliki jiwa sosial. Jadi untuk mengambil kesimpulan bahwa sosial dapat diartikan sebagai rangkaian norma, moral, nilai dan aturan yang berasal dari budaya masyarakat sebagai acuan interaksi antara manusia dalam suatu komunitas.

Faktor pendorong Perubahan Sosial

Sosial Menurut Para Ahli

1. Philip Wexler

Pengertian sosial menurut Philip Wexler adalah suatu sifat dasar yang dimiliki setiap individu manusia.

2. Keith Jacobs

Pengertian menurut Keith Jacobs sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

3. Paul Ernest

Arti kata sosial Menurut Paul Ernest adalah sejumlah manusia secara individu yang terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

Faktor pendorong Perubahan Sosial

Faktor Pendorong Perubahan Sosial 

1# Kontak dengan budaya lain.

Penyebab awal dari perubahan sosial adalah kontak dari seseorang atau kelompok orang lain dengan latar belakang berbeda, mulai dari budaya dan juga yang lainya. salah satu proses yang berkaitan dengan ini adallah difusi. Difusi adalah penyebaran suatu budaya satu masyarakat ke masyarakat lainnyas. dengan terjadinya difusi ini banyak dampak baik muncul setelahnya, semisal ada salah satu masyarakat menemukan sebuah penemuan yang sangat menarik dan sangat membantu dalam kehidupan sehari hari, maka dangan adanya difusi penemuan ini bisa di sebar luaskan. dari satu masyarakat ke masyarakat lainya.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa, ketika kita ada satu masyarakat (memiliki budaya berbeda) berhubungan dengan masyarakat lain (memiliki budaya yang berbeda lain) dapat mendorong munculnya perubahan sosial budaya.

2# Pendidikan yang maju

Pendidikan maju membuat para siswa akan menjadi lebih pintar dalam memutuskan sesuatu. Anda juga sudah tahu bahwa pendidikan formal memiliki tingakat atau jenjang jenjang yang berbeda. Pendidikan formal membuat kita tahu akan ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini, seperti ilmu kesehatan, olahraga dan lainya.

Pendidikan memberikan suatu nilai tertentu bai manusia, yang paling utama adalah pendidikan yang bisa membuat kita menerima dan toleransi akan hal-hal baru yang berbeda dengan kita. dan bagaimana manusia untuk belajar berfikir keritis. 

Pendidikan dapat membekali manusia agar lebih objektif dan luas berfikir ketika menilai budaya ini baik untuk masyarakat atau mala membuat rusak bagi masyarakat. Maka disinilah point faktor bagi pendidikan untuk mendorong lebih maju berlangsung perubahan dalam masyarakat.

3# Sistem lapisan masyarakat yang bersifat terbuka (open stratification)


Stratifikasi sosial yang terbuka membuat masyarakat akan lebih maju berdasarkan kemampuanya. dengan adanya Stratifikasi sosial sesorang akan merasakan bisa setara dengan orang lain yang memiliki karya yang sama, meskipun berbeda dalam drajat.

tapi dengan terjadinya Stratifikasi sosial ini akan selalu berbentuk hierarki atau rangking baik antara kelompok ataupun individual. Maka akan ada anggapan kelompok ini ada di bawah, dan kelompok itu di atas. jadi ada yang menolak jika Stratifikasi sosial ini bisa mendorong perubahan sosial.

4# Terbuka terhadap karya dan serta kenginan maju orang lain.


Sikap terbuka terhadap karya orang lain, dan memberikan penghargaan terhadap karya orang lain, dan juga keinginan orang lain untuk parubahan yang bersifat maju. Dengan memberikan sebuah hadiah atar prestasinya, agar mereka lebih semangat lagi, seperti ada salah satu kelompok yang menemukan penemuan yang bermanfaat bagi manusia maka masyarakat yang lain mendukung dan juga mendukung masyarakat lainya untuk menggembangkanya.

Mungkin hanya ini dalam saja yang kami sampaikan dalam artikel Faktor Pendorong Perubahan Sosial jika ada salah dalam tulisan diatas kurang jelas bisa tulis di kolom komentar atau kalian memiliki tambahan silahkan tulis di kolom komentar di atas.
Roqibus
Roqibus Aja mbedakake marang sapadha-padha (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

Posting Komentar untuk "Faktor Pendorong Perubahan Sosial (mudah dipahami)"

Berlangganan via Email