Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9+ Cerita Rakyat Bahasa Jawa Lengkap

cerita rakyat bahasa jawa || cerita yang telah tersebar luas di kalangan masyarakat, yang membawa ciri khas dengan budaya budaya sekitar daerah cerita tersebut. Pada kali ini kami akan memberikan cerita rakyat bahasa jawa.

 Cerita Rakyat Bahasa Jawa Lengkap

Cerita Rakyat Bahasa Jawa 

karna semakin banyak orang yang mencari cerita rakyat berbahasa jawa maka kami akan bagikan sesuai apa yang kalian inginkan, tapi sebelum kalian baca soal cerita bahasa jawa, maka saya disini akan memberikan sedikit pengetahuan tentang cerita tersebut.

Cerita rakyat adalah...?

Cerita rakyat marupakan sebuah cerita dimasa lampau, yang berasal dari kalangan masyarakat sendiri dan menyebar di kalangan masyarakat, biasanya menceritakan tentang budaya ciri khas dari daerah tersebut, yang pasti setiap daerah memilki ciri khas yang berbeda. Banyak sekali macamm cerita rakyat yang sudah pernah kita baca dan dengan, seperti cerita kancil si pencuri timun, yang mengusung si kancil sebagai tokoh utamanya dengan alur pencurian mentimun dari para petani. ada juga cerita percintaan seperti bawang merah dan bawang putih, atau cerita tentang gunung tangkuban perahu, yang bercerita sebuah 1000 candi yang bisa di bangun dalam satu malam.

Ciri Ciri Cerita rakyat

Ciri dari cerita rakyat bahasa jawa, tidak jauh beda dengan cerita rakyat berbahasa indoneisa, kemungkinan cuma beda bahasa saja. Jika dalam alur mamang sama seperti cerita berbahasa indo, dibawah ini ciri-ciri dari cerita rakyat:

  1. Tanpa ada pengarang (pengarang tidak dikatahui)
  2. Mempunyai beberapa macam variasi dan versi.
  3. Cerita bersifat tradisional
  4. Cerita rakyat sudah turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi
  5. didalam cerita rakyat, kaya akan nilai- nilai luhur
  6. Cerita rakyat berkembang dari mulut ke mulut, tidak tertulis
  7. Ceritanya berkembang dari mulut ke mulut 
  8. Apa Saja Jenis Cerita Rakyat ?
  9. Memiliki bentuk klise dalam seitap langkah atau susunan pengungkapannya

Jenis – Jenis Cerita Rakyat

Cerita rakyat yang beredar di masyarakat indoneisa sangatlah banyak sekali, sehingga kita tidak bisa mengitungnya, tapi kalian harus tahu jenis jenis dari cerita rakyat yang sudah bereda, di bawah ini jenis jenis dari cerita rakyat adalah:

  • Fabel : Jenis yang satu ini merupakan sebuah cerita rakyat yang tokoh utama adalah hewan, tapi hewan dalam cerita ini memiliki perilaku seperti manusia, banyak cerita yang seperti ini seperti si kancil. Cerita yang satu ini biasanya sangat diminati oleh anak kecil.
  • Mite: Jika kalian tahu tentang Kisah cerita Nyi Roro Kidul maka cerita itulah contoh jenis ini. Jenis cerita yang menceritakan tentang dewa - dewi yang sangat sakral dan tinggi akan suasana mistis.
  • Legenda: dari namanya saja kalian juga sudah mengetahui bahwa jenis ini mengusung tentang asal mula dari salah suatu tempat, seperti danau toba berasal dari sangkuriang dan juga asal yang lain.
  • Sage: Untuk jenis ini mengusung dari cerita yang berunsur sejarah contoh seperti Roro jonggrang.
  • Epos: Jenis ini mengusung tentang cerita Pahlawan atau super hero pada masa lampau, seperti pangeran di angling darma dan yang pasti bukan Ironman atau spiderman.
  • Cerita Jenaka: jiak cerita ini memiliki alur yang lucu seperti si kabayan dan cerita rakyat yang lucu lucu lainya.

Cerita Rakyat Bahasa Jawa 

Setelah kalian mengetahui tentang apa itu cerita rakyat maka saat ini kami akan bagiakn kepada kalian beberapa cerita rakyat berbahasa jawa, yang kami sudah kemas dalam file word, agar kalain semakin simpel untuk mengerjakan tugas:

  1. Legenda Gunung Bagus, lihat disini.
  2. Legenda Candi Prambanan. lihat disini.
  3. Dongeng Bahasa Jawa Kancil lan Merak, lihat disini.
  4. Legenda Danau Toba, lihat disini.
  5. Legenda Gunung Bromo, lihat disini.
  6. Legenda Keong Mas, lihat disini.
  7. Legenda Rawa Pening, lihat disini.
  8. Joko Kendil, lihat disini.
  9. Sangkuriang, lihat disini
    Untuk kalian yang memiliki tugas tentang cerita bahasa jawa, dia atas mungkin bisa membantu dan jika ada kesalahan silahkan tulis di kolom komentar dan jika ada kritik atau saran silahkan tulis di kolom komentar guys. 

    Roqibus
    Roqibus Aja mbedakake marang sapadha-padha (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

    Posting Komentar untuk "9+ Cerita Rakyat Bahasa Jawa Lengkap"

    Berlangganan via Email